Wibisono : Kekuatan Militer China sudah mengimbangi Amerika, Dimana posisi Indonesia saat ini.?

  • Whatsapp

JAKARTA, Sejak berakhirnya Perang Dingin, China telah mengubah Amerika Serikat sebagai saingan utama geopolitiknya. kompilasi pengamat militer Amerika mulai melihat Cina dengan lebih jelas, mereka juga mulai mendiagnosis tantangan yang mereka hadapi,ujar pengamat militer Indonesia wibisono menyatakan ke media di jakarta (10/2/2019).

Menurutnya,Para politikus dan pengamat internasional membahas “teori transisi kekuasaan” dan “Perangkap Thucydides,” seolah-olah Cina berada di ambang kemenangan Amerika Serikat dalam hal kemakmuran dan kekuasaan, menggusurnya di panggung dunia,tuturnya.

Wibi menambahkan, Ketika Presiden Cina Xi Jinping menyerukan agar China mewujudkan ” Impian Cina akan peremajaan nasional,” ia mengartikulasikan keyakinan bahwa China hanya memperoleh kembali kepentingan politik dan budaya alamiahnya. Cina tidak, seperti yang pernah dibahas tentang Imperial Jerman setelah unifikasi, ” Mencari kedudukannya di matahari.” Mengambil, Cina merebut kembali posisi yang semestinya sebagai matahari.

Pertanyaan terbuka apakah Cina akan mencapai peremajaan dalam membahas ekonomi yang mendukung stagnan dan faksionalisme partai. Lebih kuat dari pendahulunya, tetapi pemerintahannya juga lebih rapuh.

Partai Komunis Tiongkok telah lama menyelesaikan krisis legitimasi, tetapi transformasi Tiongkok yang dilakukan Xi menjadi negara polisi berteknologi tinggi dapat memperbaiki krisis ini. Kombinasi faktor-faktor tersebut membuat Cina lebih berbahaya dalam jangka pendek, tetapi juga tidak kompetitif dalam jangka panjang. Artinya, Republik Rakyat Tiongkok mempersepsikan peluang untuk “peluang besar” bahkan kompilasi China akan menjadi tidak sekuat yang diharapkan.

Karena itu, diagnosis China dengan tepat tidak mengarah pada kategorisasi yang mudah: Amerika harus berhadapan dengan Cina yang kuat dan lebih kaya yang juga memerlukan lebih banyak stagnansi ekonomi dan proses keruntuhan internal. Ini berarti RRC melihat peluangnya pada “membantah besar,” bahkan kompilasi China akan menjadi tidak sesuai yang diharapkan.

Saat ini China memang kuat. Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang mengembangkan kemampuannya dengan cepat, mengatur kompetensi di Asia menjadi keuntungannya. Lembaga Studi Strategis Internasional memperkirakan, sejak tahun 2014, Angkatan Laut Pembebasan Rakyat telah “meluncurkan lebih banyak kapal selam, kapal perang, serta kapal amfibi utama dan kapal tambahan dari jumlah total kapal yang saat ini melayani di angkatan laut Jerman, India, Spanyol , Taiwan, dan Inggris Raya. ” Program pembuatan kapal China telah melampaui AS. China juga menghabiskan banyak Dana untuk teknologi terobosan baru seperti kecerdasan buatan, hipersonik, dan robot yang dapat memanfaatkan sifat peperangan demi keuntungannya. Apa yang telah diperoleh PLA sejak akhir Perang Dingin suatu hari nanti akan dibandingkan dengan apa yang mencapai era Meiji Jepang dalam beberapa pembaharuan kemenangannya dalam perang Rusia-Jepang.

Selain itu, skala China itu sendiri bisa menakutkan bagi negara-negara kecil bahkan jika menginginkan Geoekonominya cukup besar seperti yang terlihat. Misalnya, andalan Xi, One Belt One Road (OBOR) menerima tatanan geoekonomi baru seperti yang ia inginkan. Namun demikian, untuk penerima yang lebih kecil dan kurang berkembang, OBOR masih memiliki peningkatan yang luas. Apa yang mungkin memiliki ekonomi tidak signifikan bagi Amerika masih memiliki manfaat geopolitik yang besar untuk Cina,ujar wibi yang juga pembina LPKAN

Lanjutnya, Saat ini China terus membangun kekuatan militernya untuk mengimbangi AS, empat dari enam satuan tempur kapal induk China yang direncanakan beroperasi pada tahun 2035 bakal menggunakan tenaga nuklir.

Menurut para pakar militer China, setelah menyusul ketertinggalan dengan AS dalam teknologi kapal induknya selama beberapa dekade, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China kini telah semakin dekat untuk menyamai negara adikuasa itu.

Meski demikian, Beijing masih akan tetap tertinggal dalam hal pengalaman di pertempuran nyata dengan AS, yang telah banyak terlibat dalam peperangan.

Selain bertenaga nuklir, semua kapal induk baru China juga diharapkan akan dilengkapi dengan sistem pelontar elektromagnetik seperti yang digunakan oleh AS. sistem pelontar pesawat elektromagnetik milik AS, yang biasa disebut EMALS, mampu meluncurkan pesawat lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan sistem diesel yang sudah mulai ketinggalan zaman.

Saat ini China baru memiliki satu kapal induk yang telah beroperasi, yakni Liaoning, yang mulai bertugas pada 2012. Satu kapal induk lainnya, Tipe 001A, yang sepenuhnya dibuat di China, kini masih dalam tahap uji pelayaran. Kapal induk bertenaga nuklir China dengan sistem peluncuran mirip EMALS, diperkirakan akan mulai beroperasi dengan Angkatan Laut PLA pada 2035.

Dimana Posisi Indonesia?

Dalam geopolitik Indonesia saat ini,posisi Indonesia sangat mengkawatirkan,karena China menyatakan akan bertindak strategis offensif untuk menguasai bagian planet Bumi dalam mewujudkan ambisinya menjadi Negara nomer wahid di Dunia. Maka ini jelas menjadi Tantangan bagi NKRI dalam menjamin kedaulatannya dan tidak menjadi Negara Vasal. ” Marilah kita dengan sungguh sungguh membangun NKRI sehingga jadi negara maju, adil, kuat, sejahtera berdasarkan Pancasila dan mampu mengatasi Tantangan ini serta pada tahun 2045 setelah 100 tahun merdeka yang disebut INDONESIA RAYA. Marilah kita ajak seluruh bangsa ikut BERJUANG menjadikan ini kenyataan “,seruan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantiyo.

Karena itu, sudah seharusnya para “ Pemangku Kepentingan” Kebijakan Luar Negeri kita mulai mempertimbangkan kembali nilai strategis Indonesia secara geopolitik, seraya menjadikannya sebagai landasan penyusunan kebijakan-kebijakan strategis terkait politik luar negeri dan perekonomian nasional. Sehingga bisa memainkan peran aktif dan aktor yang sadar geopolitik, dalam mengantisipasi terjadinya pergeseran konsentrasi pertarungan global dari kawasan Timur Tengah dan Asia Tengah ke Asia Pasifik.

Andaikan kita menyimak dan menyelami pandangan dan analisis para founding fathers kita, Bung Karno dan Dr Sam Ratulangie, tren global yang saat ini tengah berlangsung, semestinya tidak mengagetkan kita lagi. Pada 1930-an, Bung Karno sudah mengingatkan betapa strategisnya kawasan Asia Pasifik di kelak kemudian hari.

Berdasarkan sejarah, jelaslah Sukarno sudah meletakkan pandangan geopolitiknya yang amat menjangkau masa depan. Terbukti sekarang Asia Pasifik jadi rebutan antara Amerika Serikat dan Cina, dan perang beneran kemungkinan akan meletus karena Cina sudah memperkuat armadanya di laut Nanyang (Laut Selatan Cina) sementara Amerika Serikat sudah membuka armada siap tempur di Darwin.

Sam Ratulangie menulis antara lain:
“Pada saat ini diketahui oleh hampir setiap orang, bahwa di Pasifik telah terbentuk sebuah kawasan politik tersendiri. Kawasan itu mengesampingkan, malah melebihi arti dunia lama Samudra Atlantik. …”

Bayangkan. Pada 1936 Ratulangie sudah bisa memprediksi bahwa pergeseran konsentrasi kekuatan di Asia Pasifik sudah terjadi sejak Perang Dunia I, ketika PD I telah mengakibatkan perpindahan modal secara hebat. Amerika dan Jepang bukan lagi negara yang untuk keperluan uang di bidang pemerintahan maupun swasta harus mendatangi pasar uang Eropa.

Sedangkan Kondisi Indonesia saat ini hanya Mampu Berperang 3 Hari, kata Menhan Ryamizard Ryacudu, Hal senada diucapkan oleh Prabowo Subianto pada saat pidato kebangsaan yang bertajuk ” Indonesia Menang” di jakarta Convention Center,senayan jakarta (14/1/2019).

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan bahwa negara Indonesia diprediksi hanya dapat bertahan selama tiga hari jika terjadi krisis keamanan seperti misalnya menghadapi perang, tandas wibisono.

(By Pengamat militer wibisono)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *