Wisata Goa Lowo di Desa Melirang Potensi Tingkatkan Ekonomi Warga

  • Whatsapp
Pemandangan Wisata Goa Lowo yang punya potensi tingkatkan ekonomi bagi desa.(*)

GRESIK,beritalima.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Melirang Bungah di bawah Komando Kades Muhammad Muwaffaq, terus berupaya keras mendongkrak perekonomian tingkatkan kesejahteraan warga melalui sektor pariwisata.

Kades yang juga Dosen sekaligus Pembimbing KBIH dan Pengasuh Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) ini tengah fokus menggarap Kawasan Ekonomi Desa (KED) Wisata Goa Lowo (W’GOL). Terlebih, Desa Melirang termasuk salah satu dari 10 Desa Berdaya di Kabupaten Gresik yang mendapatkan program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemprov Jatim.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemprov Jatim, yang telah memberikan bantuan serta bimbingan teknis dalam BKK Desa Berdaya. Matur nuwun sanget kagem Bu Khofifah (Gubernur Jatim) yang telah berkenan memberikan BKK Desa Berdaya, sehingga kawasan ekonomi desa berupa Wisata Desa Goa Lowo ini menjadi semakin banyak fasilitasnya sekaligus menjadi ikon desa. Insya Allah akan banyak kemanfaatannya bagi Pemerintah Desa dan warga Desa Melirang,” ungkapnya penuh syukur.

Selain sebagai lokasi wisata, KED Goa Lowo juga memiliki potensi ekonomi lainnya. Yaitu kotoran kelelawar yang jumlahnya melimpah, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pupuk guano yang sangat baik untuk pertanian.

“Alhamdulillah, hasil uji laboratorium dari kotoran kelelawar yang bisa diolah sebagai bahan pupuk guano itu sangat baik buat pertanian. Dalam rentang 3 sampai 4 bulan jumlah kotoran kelelawar itu bisa mencapai beberapa ton dan punya nilai ekonomi tinggi,” terangnya, Senin (8/5/2023) sepulang dari menunaikan Ibadah Umroh.

Tidak cukup hanya itu, Kades yang juga dikenal inovatif dan multitalenta ini menuturkan, selain kotoran kelelawar yang bisa dijadikan pupuk, di Desa Melirang juga memiliki potensi adanya banyak Goa yang kini menjadi sarang burung walet.

Kades Muwaffaq pun optimis ke depan bisa dipanen. “Ada goa yang kini telah dihuni puluhan burung walet. Semoga tidak lama lagi akan bisa dipanen komoditas sarang walet yang bernilai jual tinggi itu,” tandasnya.

Saat ini, lanjut Kades yang sempat viral menjual mobil kesayangannya untuk beli beras demi membantu warga terdampak pandemi ini menyampaikan, Alhamdulillah,
alon-alon sukur kelakon W’GOL (Wisata Goa Lowo), fasilitasnya semakin banyak. Diantaranya, Ikon Kelelawar Raksasa yang siap menyambut kunjungan para wisatawan ke Goa Lowo.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya wisata kuliner yang tersedia di Caffe Lowo. Tersedia Es Kopi Lowo, Sego Goreng Betmen, serta kuliner khas lainnya dijamin mumer (murah meriah), namun rasanya berkelas.

Hanya itu saja kah? Oh, tidak! Masih ada wahana bermain anak, motor trail road, mobil ATV road, tranpolin, serta hiburan musik akustik untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta, sahabat, rekan sejawat, ataupun handai tolan di Wisata Desa Goa Lowo.

“Pengunjung juga bisa berpetualang menelusuri Jejak Majapahit yang ada di dalam Goa, karena terbukti ada Prasasti peninggalan Raja Hayam Wuruk. Dan Insya Allah, di tahun 2023 ini akan kami tambah lagi dengan wahana Kolam Renang, Istana Boneka, Flying Fox, dan wahana lainnya untuk semakin memanjakan pengunjung agar semakin betah dan nyaman,” pungkas Kades yang telah banyak mencetak Generasi Emas Penghafal Al-Qur’an (Hafidz) ini.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait