Workshop Cara Merintis Bisnis Homestay Akan Digelar, Berikut Waktu dan Tempatnya

  • Whatsapp
Workshop bisnis homestay akan digelar (beritalima.com/Pixabay)
Workshop bisnis homestay akan digelar (beritalima.com/Pixabay)

JEMBER, beritalima.com | Workshop cara merintis bisnis homestay akan digelar di Kabupaten Jember.

Workshop ini, digelar melalui program studi Perhotelan Universitas Muhammadiyah Jember, yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga, didukung oleh DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jember, PHRI BPC Jember.

Workshop itu akan digelar, Kamis 16 Nobar 2023 yang bertempat di Laboratorium Program Studi Perhotelan Universitas Muhammadiyah Jember.

Ketua DPC HPI Jember, Hasti Utami menjelaskan, pariwisata merupakan sektor penting di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember.

Untuk itu, sejumlah stakeholder pariwisata di Jember ingin memberikan sumbangsih, terutama terkait pengembangan homestay di kawasan wisata.

“Namun, kami menyadari bahwa butuh kolaborasi antar stakeholder pariwisata di Jember, agar karya yang dihasilkan menjadi lebih besar kemanfaatannya dan berkelanjutan,” ungkapnya, Sabtu (11/11/2023).

Menurut dia, workshop itu merupakan wujud nyata untuk merealisasikan adanya homestay baru di tempat wisata.

Mengingat, selama ini tak ada homestay yang berdiri di sejumlah wisata di Kabupaten Jember. “Minimal ada satu homestay satu kamar,” lanjutnya.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan ada homestay-homestay baru di sejumlah wisata di Kabupaten Jember.

“Kami sudah berkomitmen, non anggaran, dan ini sebagai bentuk sumbangsih insan pariwisata untuk Jember,” tuturnya.

Dia menerangkan bahwa peserta kegiatan ini khususnya terdiri atas para pemilik homestay dan embrio homestay di sekitar kawasan wisata Kabupaten Jember.

Hasti berharap, OPD lain juga ikut andil dalam menyosialisasikan kegiatan yang digelar tidak hanya sekali ini. “Nanti akan diadakan lagi,” ucapnya.

Tak cuma pelatihan, pihaknya juga bakal bekerja sama dengan DPMPTSP Jember untuk mengurus perizinan calon homestay tersebut. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait