XL Axiata Pastikan Layanan di Daerah Bencana Tetap Aman

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – PT XL Axiata Tbk harus keras menjaga jaringan dan layanan telekomunikasi di sejumlah daerah terlanda banjir di kawasan Pesisir Selatan Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

Hal itu untuk memastikan jaringan tetap bisa beroperasi, ketika banjir melanda Pacitan dan Ponorogo, di samping sejumlah daerah di DI Yogyakarta, yakni di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo.

Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan, petugas XL Axiata harus berjibaku memastikan BTS-BTS yang terputus aliran listriknya tetap bisa beroperasi dengan dukungan genset.

Padahal banyak di antara area-area tersebut tertutup banjir dan jalan menuju ke lokasi BTS tidak bisa dilalui juga karena longsor. Menurutnya, banjir juga berpotensi merusak perangkat.

“Kami juga harus mengatasinya dengan mengganti perangkat yang rusak. Kami akan terus berjuang menjaga layanan sambil berharap kondisi ini bisa segera kembali normal,” ujarnya.

Imam Mualim menandaskan, petugas XL Axiata terus bersiaga sampai kondisi normal. Untuk itu, kepada pelanggan yang berdomisili di area yang terkendala, XL Axiata memastikan upaya normalisasi layanan akan terus dilakukan.

Meski begitu, XL Axiata memastikan hanya sebagian kecil dari BTS yang terkendala dari total BTS yang ada di semua wilayah tersebut. Total BTS XL Axiata yang melayani warga di seluruh wilayah Pacitan ada sekitar 149 BTS dan di Ponorogo 150 BTS.

Untuk memastikan kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, XL Axiata juga membuka pusat kendali jaringan yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Melalui pusat kendali itu XL Axiata bisa memonitor terus menerus kondisi seluruh jaringan, sehingga bisa dilakukan penanganan segera jika terjadi suatu kendala, termasuk saat terjadi bencana alam.

Selain berupaya keras menjaga jaringan dan layanan, petugas XL Axiata juga terus berupaya menyalurkan bantuan kepada warga yang terlanda banjir dan bencana.

Penyaluran bantuan dikoordinasikan dengan aparat di masing-masing daerah, mengingat lokasi banjir yang sulit diakses. Bantuan yang disalurkan antara lain berupa bahan-bahan makanan, obat-obatan, dan sarana telekomunikasi berupa Telepon Umum Gratis (TUG).

Untuk daerah Pacitan, bantuan telah disalurkan hari Kamis (30/11/2017) melalui posko terdepan di Desa Gemaharjo , Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

Sedangkan untuk daerah Bantul, bantuan XL Axiata sudah tersalur sejak Rabu (29/11/2017), tepatnya melalui posko bantuan di Dusun Donotirto, Kelurahan Bambanglipuro, Kecamatan Kretek, Bantul. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *