XL Axiata Sediakan Akses Komunikasi Untuk Satgas Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memberikan dukungannya kepada upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Di Jawa Timur, XL Axiata mendukung dalam bentuk akses komunikasi gratis untuk Pos Gabungan Pencegahan Covid-19 Terpadu Propinsi Jawa Timur.

Pos yang dikelola oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19/BNPB ini diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Rabu (29/7). Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, ST. MSi, di Makodam Brawijaya, Surabaya.

Bambang Parikesit mengatakan, dukungan XL Axiata ini merupakan bagian dari kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah terjalin sejak awal masa penanganan Covid-19.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa ikut bergotong royong bersama berbagai elemen masyarakat Indonesia dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Jawa Timur. Sesuai bidang keahlian kami, kami memberikan dukungan akses komunikasi ini yang bisa dimanfaatkan secara maksimal dan gratis guna keperluan mitigasi Covid-19,” lanjut Bambang.

Bambang menambahkan, implementasi dukungan akses komunikasi ini terwujud dalam beberapa jenis, mulai layanan telekomunikasi dan data, hingga serta penguatan jaringan di area pos gabungan.

Khusus untuk Pos Gabungan Pencegahan Covid-19 Terpadu yang berlokasi di Markas Kodam Brawijaya, XL Axiata melakukan penguatan atas jaringan yang ada di lokasi, yang saat ini dilayani oleh beberapa BTS 4G LTE di sekitar lokasi.

Bantuan lainnya berupa layanan telekomunikasi dan data yang terdiri dari akses gratis untuk penggunaan telepon, SMS, data/internet, serta penggunaan MS Office. Untuk keperluan akses komunikasi ini, XL Axiata menyerahkan 550 kartu perdana kepada pihak BNPB, masing-masing dibekali paket bulanan Rp 50 ribu selama 3 bulan.

Masih termasuk dalam kerjasama ini, XL Axiata membantu pengiriman blast SMS dari BNPB kepada pelanggan, yang berisi informasi seputar penanganan Covid-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait dengan wabah virus berbahaya ini. Melalui sarana ini, pelanggan XL Axiata dan masyarakat luas bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan terbaru penanganan wabah ini.

Sebelumnya, dukungan akses komunikasi juga XL Axiata berikan kepada BNPB di Jakarta, bersamaan dengan bantuan lain dalam bentuk memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang menjadi rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19.

Penguatan jaringan juga dilakukan di sejumlah rumah sakit yang fokus pada penanganan Covid-19, serta penempatan satu unit mobil BTS untuk mendukung aktifitas komunikasi para petugas media dan pasien. Selain itu ada juga bantuan berupa 100 unit alat pelindung diri untuk paramedis. Melalui BNPB juga XL Axiata sempat menyerahkan donasi berupa dana untuk percepatan penanganan Covid-19 sebesar Rp 10 miliar. (Ganefo)

Teks Foto: Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, menyerahkan secara simbolis bantuan akses komunikasi kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, pada peresmian Pos Gabungan Pencegahan Covid-19 Terpadu Provinsi Jawa Timur di Makodam Brawijaya Surabaya, Rabu (29/7/2020). 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait