Yakenpa adakan Training Pedoman Air dan Sanitasi Untuk Puskesmas Sekota Jayapura

  • Whatsapp

JAYAPURA – Yayasan Noken Papua (Yakenpa) menggelar Training Pedoman Air dan Sanitasi untuk peningkatan Fasilitas Kesehatan (Wash Fit) bagi Seluruh Kepala Puskesmas dan Tenaga Tenaga Sanitarian di Kota Jayapura.

Program yang didukung UNICEF ini diselenggarakan di Kotaraja Jayapura pada Kamis (21/7).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk menjelaskan kebijakan Kementerian Kesehatan kaitannya dengan peningkatan pelayanan kesehatan, managemen air/sanitasi, manajemen holistik, melindungi kesehatan staf, pasien dan pengunjung, pengelolaan risiko komponen air, manfaat peningkatan WASH fasilitas kesehatan, diskusi WASH FIT Puskesmas, dan sistem penjaminan mutu
pelayanan Puskesmas ini dibuka labngsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari.

Kepala Dinas memberikan apresiasi kepada Yakenpa atas kegiatan tersebut dan bersyukur mempunyai mitra karena tidak semua harus dipikul oleh pemerintah untuk memperhatikan air bersih dilingkungan dan wilayah.

“Air bersih itu kebutuhan, masyarakat di Kota Jayapura mungkin berbeda dengan masyarakat di kabupaten lainnya, Kota Jayapura hampir sebagian besar sudah bisa dipenuhi oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), namun masih belum merata masih ada sebagian belum bisa mendapatkan air bersih seperti di wilayah Muara Tami”ucapnya.

Dijelaskan, air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat ini, sangat penting keberadaannya, selain untuk pemenuhan kebutuhan, air bersih menjadi faktor penting penunjang kesehatan.
Menjaga kualitas air dari pencemaran bakteri akan berimbas pada kesehatan masyarakat.

“Untuk itu pentingnya air bersih bagi masyarakat dan juga sementara ini marak dengan adanya depot air minum yang berjamuran di Kota Jayapura, Depot air minum yang tersebar di Kota Jayapura ada sekitar 200 Depot air minum.Depot air minum yang kualitasnya tidak memenuhi syarat dapat memicu risiko timbulnya penyakit, karena kita ingin melindungi konsumen demi menjamin kesehatan masyarakat saat mengkonsumsi air minum isi ulang,”jelasnya.

Sebagai penutup Ni Nyoman memaparkan berkomitmen agar pelayanan air bersih kepada masyarakat itu tercipta, sehingga dirinya mengimbau dan yang nantinya akan menjadi suatu ketentuan bagi pemilik depot air minum harus memeriksakan airnya.

“Paling tidak dua kali dalam satu tahun, dan kami akan memberikan sertifikat kepada depot air minum yang sudah memeriksakan air minumnya, hal ini demi kesehatan masyarakat kita,”tutupnya.

Caption : Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari (Kiri depan Depan) menyampaikan penjelasan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait