Yuk, Simak Macam-macam Peralatan Dapur beserta Fungsinya

  • Whatsapp

Memasak memang menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan dapat dilakukan oleh semua kalangan. Bahkan, karena banyak orang yang memiliki hobi memasak, beberapa sekolah-sekolah khusus menyediakan ekstrakurikuler berupa kegiatan memasak sebagai sarana untuk menuntun murid-muridnya dalam mengembangkan bakat mereka. Oleh karena itu  para murid diperkenankan supaya mengenal beberapa alat memasak sesuai kegunaannya masing-masing. Berikut macam-macam peralatan dapur modern beserta fungsinya antara lain:

  • Sendok dan garpu

Anda tentunya sudah sangat familiar dengan kedua peralatan dapur ini. Keduanya merupakan alat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saat makan. Fungsi sendok saat makan adalah untuk mengambil makanan, sedangkan garpu digunakan untuk menancapkan serta menahan makanan. Untuk desainnya sendok dibedakan menjadi dua antara lain sendok makan dan sendok teh.

  • Pisau

Pisau merupakan salah satu alat memasak yang sering dijumpai saat berkunjung di dapur. Pisau sendiri memiliki fungsi sebagai alat memotong baik untuk buah, sayur ataupun daging sekalipun. Pada umumnya para ibu rumah tangga lebih menyukai pisau yang memiliki banyak fungsi seperti pisau serba guna atau yang disebut sebagai Chef’s knife. Alasan kenapa Chef’s knife memiliki banyak peminat karena pisau ini dianggap lebih praktis dari pada pisau yang hanya memiliki satu kegunaan saja. Tentunya kamu harus berhati-hati saat sedang menggunakan alat ini, agar jari kamu tidak cedera.

  • Talenan

Talenan merupakan salah satu alat penting yang wajib digunakan saat kamu sedang memotong sesuatu atau bisa diibaratkan talenan menjadi pelengkap dalam kegiatan potong-memotong. Akan tetapi fungsi lain dari talenan adalah untuk melindungi pisau serta menjaga kebersihan meja dapur.  Talenan sendiri memiliki desain modern yang berfungsi untuk menjaga mata pisau supaya tetap sempurna dan dalam kondisi prima. Maka dari itu, agar pisau tidak cepat tumpul serta rusak kamu wajib memiliki talenan yang digunakan sebagai alas untuk memotong.

  • Spatula

Spatula atau yang biasa disebut sebagai sutil merupakan sendok masak yang digunakan untuk mengaduk, meratakan, dan menuang saat dalam proses pembuatan. Spatula sendiri di desain dengan menggunakan bahan serta kualitas yang berbeda. Ada beberapa spatula yang di desain memakai bahan berupa logam, karet, kayu serta stainless steel.

  • Panci

Dapur merupakan ruangan penting yang wajib ada di dalam rumah terutama bagi para wanita. Bagi para wanita yang statusnya sudah menjadi ibu rumah tangga, sangat umum bagi mereka untuk menghabiskan waktunya pada aktivitas memasak. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan alat-alat yang ada di dalamnya. Pada poin ini kita mengambil panci sebagai bahan pembahasan. Panci merupakan alat masak dengan ukuran yang bervariasi. Panci memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan seperti memasak sayuran, mengukus hingga merebus air. Di keadaan darurat panci juga bisa digunakan sebagai alat untuk memasak nasi.

  • Wajan

Wajan merupakan alat memasak yang memiliki fungsi sebagai penggoreng atau untuk menumis makanan. Apabila kamu ingin membeli wajan pilihlah wajan anti-lengket. Agar saat kamu sedang memasak tidak ada bahan yang melekat di permukaan wajan.

  • Whisk

Whisk merupakan alat  yang digunakan untuk mengocok telur, krim, mencampur beberapa bahan halus, mengaduk saus dan lain sebagainya. Whisk sendiri memiliki pegangan sempit dengan kumpulan ikatan kawan pada ujungnya.

Ada beragam jenis peralatan dapur lengkap yang bermanfaat bisa kamu dapatkan di IKEA. Peralatan dapur yang memiliki beragam fungsi dan manfaat yang penting untuk kehidupan sehari – hari. Dengan mengunjungi website ikea.co.id, IKEA app maupun melalui offline store, kamu bisa membeli dan memenuhi berbagai kebutuhan dapur.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait