Kodim 0408 Bengkulu Selatan Latihan Posko 1 Menghadapi Bencana Alam

  • Whatsapp

Bengkulu, beritaLima – Sebagai upaya kesiapan penanggulangan bencana alam khususnya banjir yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Kodim 0408/Bengkulu Selatan menggelar latihan Posko 1, bertempat di Makodim 0408/BS, Kota Manna.

Latihan yang berlangsung selama 3 hari ini dibuka secara langsung oleh Komandan Korem 041/Gamas Kolonel Inf Andi Muhammad. Pada latihan ini di skenariokan terjadi hujan selama empat hari berturut-turut mengguyur Kota Manna Bengkulu Selatan, sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Air Manna yang menimbulkan bencana banjir.

Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Andi Muhammad mengatakan Latihan posko ini merupakan sarana untuk melatih kesiapan operasional unsur satuan pelaksana lapangan dalam rangka melatih prosedur hubungan komandan dan staf, sehingga akan meningkatkan profesionalisme unsur pimpinan dalam menjalankan fungsi dan tugas, sehingga akan selalu siap untuk mengantisipasi perkembangan situasi di wilayahnya.

Danrem menambahkan dalam rangka kesiapan operasi dan kemampuan tugas satuan khususnya dalam penanggulangan bencana, perlu pemeliharaan dan peningkatan kemampuan para unsur Pimpinan dan Staf Kodim 0408/BS dalam melaksanakan prosedur penyelesaian masalah yang berkembang diwilayahnya secara profesional termasuk dalam berkordinasi dengan semua stake holder yang ada di daerah.

“Karena datangnya bencana selalu tiba-tiba, sehingga kita perlu melaksanakan kegiatan latihan ini, untuk menyatukan visi, penangan yang sama dan terpadu guna mendapatkan penyelesaian yang tepat. Bengkulu Selatan juga merupakan daerah yang rawan bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, dan gempa. Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak dapat saling bahu membahu dalam mengevakuasi korban bencana alam” terang Danrem.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Bengkulu Selatan H. Dirwan Mahmud, S.H, .Para Dandim jajaran Rem 041/Gamas, Para Kasi Rem 041/Gamas, Para Kabalakrem 041/Gamas dan perwakilan instansi Pemda Bengkulu Selatan seperti Dinas BPBD, Polres.
(Nn/ pen)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *