2018 Pemprov DKI Bakal Bangun Ipal Komunal Domestik

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) bakal membangun Ipal Domestik Komunal di Pemukiman. Bahkan saat ini Dinas SDA DKI tengah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. Salah satunya sosialisasi rencana pembangunan IPAL domestik komunal di Permukiman di lakukan di Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Siti Nurjanah Kepala Seksi Pembangunan Air Limbah Dinas SDA DKI Jakarta mengatakan, program pembangunan IPAL Komunal merupakan program Gubernur DKI Jakarta yang akan membangun 1000 IPAL Komunal di Wilayah Pemprov DKI Jakarta. Sesuai Pergub DKI Jakarta 272 salah satu Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Dinas SDA adalah melakukan pembangunan dan perawatan sarana dan prasarana IPAL Komunal.

“Pengelolaan limbah sendiri di dasari karena 85 persen tanah di DKI Jakarta saat ini sudah tercemari oleh bakteri ekoli yang di sebabkan oleh tinja manusia, maka dari itu perlu di lakulan pembangunan IPAL Komunal,”terang Siti ketika memberikan sosialisasi kepada warga di RPTRA Sindang, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Minggu (22/10/2017).

Menurut siti Pembangunan Ipal Komunal di pemukiman akan dilakukan tahun 2018 mendatang dan saat ini Dinas SDA tengah melakukan perencanaan pembangunan IPAL Komunal tersebut.

“Pembangunan IPAL akan di lakukan di lahan milik Pemerintah Daerah agar nantinya Dinas Sumber Daya Air dapat menganggarkan biaya perawatan. Karena jika di bangun di lahan milik warga anggaran perawatan tidak dapat dilakukan,”tambahnya.

www.beritalima.com

Ia berharap masyarakat DKI Jakarta dapat mendukung program pembangunan IPAL Komunal di pemukiman ini, sehingga program dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Maskur Lurah Koja bersyukur dengan adanya pembangunan IPAL Komunal diwilayahnya, karena dari 267 kelurahan yang ada di DKI Jakarta Kelurahan Koja terpilih sebagai kelurahan percontohan pembangunan IPAL Komunal pertama kali.

“Ini merupakan proyek pertama kali maka dari itu mari kita dukung agar program pemerintah pusat dapat terlaksana dengan baik,”ajak Lurah kepada warganya.

Maskur meminta kepada Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kelurahan Koja agar melakukan sosialisasi terhadap warganya. Selain itu iya juga meminta sosialisai pembangunan IPAL Komunal di lakukan di Posyandu dan PKK sehingga seluruh lapisan masyarkat yang ada di wilayah koja dapat mengetahui pentingnya pembangunan IPAL Komunal tersebut.(Edy)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *