4.087 Ekor Anjing di Kota Kupang Sudah Divaksin Antirabies

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Sejak Maret 2023 hingga 5 Juli 2024 sudah sebanyak 4.087 ekor anjing di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah divaksin antirabies.

Pelayanan vaksin secara gratis ini sudah mencakup hampir semua kelurahan dan kecamatan dalam Kota Kupang. Dan sisanya beberapa kelurahan akan dilakukan dalam bulan Juli ini.

Hal itu disampaikan drh. Ardy Ngangguk, saat ditemui wartawan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, Jumat (5/7/2024) siang.

Dikatakan Ardy, vaksin dilakukan untuk mencegah masuknya rabies di Kota Kupang. Vaksinasi antirabies ini dilakukan sejak awal Maret 2023 lalu.

“Vaksinasi rabies ini dilaksanakan dua kali seminggu, yaitu Selasa dan Rabu. Khususnya untuk hari Jumat, warga sendiri yang bawa hewan di Puskeswan”, kata Ardy menambahkan.

Dikatakan Ardy, vaksinasi ini dilakukan atas kerja sama Dinas Pertanian Kota Kupang dengan Dinas Peternakan Provinsi NTT dan BPBD NTT.

Ia menambahkan, pelayanan vaksinasi di Puskeswan dilaksanakan setiap Jumat, pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WITA.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih proaktif memberikan hewannya untuk divaksin. “Karena vaksin rabies ini baik untuk kita semua, bukan untuk hewan tapi untuk manusia juga karena rabies itu sendiri tidak hanya untuk menyerang hewan, tapi bersifat solosis yang bisa menyebabkan kematian kepada manusia bila terjangkit atau tergigit hewan yang rabies”, ungkapnya.

Selanjutnya, Ardy Ngangguk mengatakan, khususnya anjing yang sedang bunting tidak divaksin. Hal ini untuk mencegah faktor-faktor keguguran. Demikian juga anak anjing yang umur dibawah dua bulan tidak disuntik karena masih dalam roses menyesuai.

Pantauan wartawan media ini di Puskeswan Kayu Putih, beberapa warga dari kelurahan Liliba dan Kelurahan Maulafa membawa anjingnya untuk divaksin.

Varani Weepanoka, warga RT.41/RW.01 Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo saat ditemui wartawan mengatakan, ia mendapat informasi dari Instagram Pemerintah Kota Kupang bahwa ada pelayanan vaksin antirabies di Puskeswan.

Mahasiswi semester VI Prodi Farmasi Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Pertanian Kota Kupang yang memberikan layanan vaksin antirabies secara gratis. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait