4 Kapal Berangkatkan 250 Pemudik Ke Pulau Seribu

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Sebanyak empat kapal milik Pemerintah Kabupaten Seribu, Jakarta memberangkatkan 250 pemudik dengan tujuan pulau-pulau yang ada ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dari Dermaga Marina, Ancol, Senin (03/06/2019). Para pemudik tersebut merupakan warga Kepulauan Seribu yang bekerja di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan daerah lainnya.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, mudik gratis lebaran atau Hari Raya Idhul Fitri 1440 Hijriah yang diselenggarakan oleh Pemkab Kepulauan Seribu merupakan kali pertama dilakukan. “Pelayanan mudik gratis Pemkab Kepulauan Seribu ada tiga rute pelayanan yakni, rute pertama dari Dermaga Marina ke Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Macan dan Pulau Tidung dengan jumlah pemudik sebanyak 50 orang. Rute ke dua yakni ke Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan Pulau Harapan sebanyak 150 orang pemudik. Kemudian rute terakhir dan paling jauh yakni ke Pulau Sabira dengan jumlah 50 orang pemudik,”terangnya.

Selain itu, kata Husein Murad, Pemkab Kepulauan Seribu juga telah mendidirkan posko pelayanan terpadu di seluruh pulau selama libur panjang Hari Raya Idhul Fitri dengan melibatkan, Kepolisian, TNI, Pol PP, Tenaga Medis (Kesehatan) dan Jajaran Kelurahan masing-masing.

“Posko tersebut bertujuan untuk memonitor keadaan wilayah serta memberikan pelayanan terhadap warga serta pengunjung yang berlibur ke pulau. Selain itu posko tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung yang datang berlibur ke pulau seribu pada hari ke dua lebaran,”imbuhnya.

Selain memfasilitasi mudik gratis, Pemkab Kepulauan Seribu juga memfasilitasi arus balik lebaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2019. “Pendaftaran arus balik pemudik ke darat juga telah dibuka mulai hari ini,”kata Husein Murad.

Rencananya mudik gratis lebaran tersebut akan dilaksanakan kembali oleh Pemkab Kepulauan Seribu pada tahun 2020 mendatang dengan jumlah pemudik lebih banyak dari lebaran tahun 2019 ini.

Penulis : Edi Prayitno

Editor : Edi Prayitno

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *