4 Keuntungan Aplikasi Absensi Kehadiran Online bagi Perusahaan Besar dan UMKM

  • Whatsapp
PT. Appsensi Tiga Ribu, Jalan Kemang Selatan I D, RT.5/RW.2, Bangka, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

Apakah perusahaanmu saat ini masih menggunakan absensi karyawan dengan mesin pemindai sidik jari yang dipasang di pintu masuk kantor? Namun, jika kamu mempekerjakan karyawan yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di luar dan tidak dituntut selalu hadir di kantor, maka aplikasi absensi kehadiran online menjadi solusi yang cocok untuk mereka.

Aplikasi absensi kehadiran online yang lebih fleksibel namun bebas kecurangan. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya di berbagai tempat terpisah dan memungkinkan kamu memantaunya secara langsung.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Kehadiran Online

Dilansir dari situs Talenta pada artikelnya di https://www.talenta.co/fitur/attendance-management/aplikasi-absensi-kehadiran-karyawan-online/ absensi kehadiran online lebih menguntungkan perusahaan karena memiliki kelebihan berikut:

  1. Lebih Efisien dari Segi Biaya

Aplikasi absensi kehadiran online tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan pemasangan sistem, sehingga akan menghemat pengeluaran perusahaan. Misalnya, perusahaan mempekerjakan sales di banyak supermarket atau department store, maka kamu tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat mereka bekerja.

Dengan e-absensi, kamu cukup mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya lewat smartphone berbasis OS Android atau iOS. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya dengan swafoto di telepon genggam mereka yang sudah terpasang aplikasi.

  1. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Dengan sistem absensi kehadiran online, karyawan yang bekerja di luar kantor bisa menghemat banyak waktu tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen lalu kembali lagi ke tempat mereka bertugas. Daripada membuang waktu di jalan, karyawan bisa lebih produktif dengan fokus di tempat mereka bekerja dan mencatatkan kehadiran lewat aplikasi.

  1. Aplikasi Absensi Kehadiran Online yang Minim Kecurangan

Absen online menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga dapat memverifikasi kehadiran seseorang di suatu tempat. Foto wajah akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta posisi pengguna aplikasi memberikan informasi keberadaannya yang terlacak GPS.

Dengan sistem absensi kehadiran online, karyawan atau siapa pun tidak mungkin melakukan manipulasi atau mengubah data absensi, karena data digital tersebut dienkripsi dan tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

  1. Memudahkan Analisa Data Kehadiran

Aplikasi absen online memberikan informasi kehadiran karyawan real-time. Sambil meeting di kantor, kamu bisa mengetahui saat itu juga karyawan yang tidak masuk hari ini. Bahkan, saat kamu bertugas di luar kantor, kamu bisa memantau siapa dan berapa orang yang pagi ini datang terlambat.

Dengan sistem kehadiran online, kamu tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasi real-time sangat berguna jika kamu ingin menganalisa data absensi untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Empat kelebihan absensi kehadiran online di atas bisa kamu temukan di aplikasi Talenta by Mekari. Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren yang memudahkan kamu memantau absensi karyawan di berbagai tempat tanpa repot.

Teknologi biometrik wajah, GPS, cloud, dan internet, memberikan fleksibilitas maksimum bagi kamu dan karyawanmu. Kamu tak hanya bisa memantau kehadiran karyawan dan lokasi absensi, tetapi juga jadwal kerja, mencatat dan menghitung jam lembur, serta memudahkan reimbursement.

Bagaimana sistem absensi karyawan bekerja? Karyawanmu dapat melaporkan kehadiran mereka dengan swafoto menggunakan kamera di smartphone, lalu mengirimkannya di aplikasi. Sistem Talenta by Mekari akan mencocokkan data wajah dan lokasi absen, dan mencatatkan kehadiran tersebut secara real-time sehingga kamu bisa mengaksesnya saat itu juga.

Keuntungan lainnya, kamu juga bisa mencoba aplikasi absensi kehadiran online yang terintegrasi dengan aplikasi Jurnal dan Klikpajak. Rasakan pengalaman mengelola administrasi penggajian yang serba otomatis, dari menghitung gaji, lembur, tunjangan, THR, bonus, pajak penghasilan, BPJS, hingga mengelola cuti, shift kerja, dan membayar gaji karyawan hanya dengan sekali klik.

Lebih lanjut, Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait