42 Mahasiswa UNWAHA Terpilih Sit In di IIUM dan MICOST

  • Whatsapp

Jombang l beritalima.com – Program unggulan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) Jombang salah satunya pertukaran pelajar kembali memberangkatkan mahasiswa untuk study ke luar negeri, pada Sabtu (4/3/2023). Tahun 2023 ini, 42 mahasiswa terpilih diberangkatkan untuk kuliah di International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Melaka International College of Science and Technology Malaysia (MICOST).

Student exchange merupakan program dimana mahasiswa berkesempatan mengikuti program belajar di luar negeri dengan jangka waktu tertentu Tujuan program ini adalah meningkatkan wawasan mahasiswa terhadap dunia Pendidikan di luar negeri, kemampuan teamwork, dan meningkatkan kemampuan network mahasiswa. Umumnya kegiatan dalam program ini meliputi kegiatan perkuliahan seperti biasa dan kegiatan group project Bersama mahasiswa perguruan tinggi patner.

Tidak hanya ke Malaysia, tahun-tahun sebelumnya UNWAHA juga memberangkatkan mahasiswa terpilih ke berbagai perguruan tinggi luar negeri seperti Thailand, Jepang, dan Korea sebagai salah satu bentuk kerjasama internasional UNWAHA sesuai dengan misi UNWAHA sebagai Global University.

Setelah pemberangkatan mahasiswa program student exchange pada (4/3/2023) kemarin, hari ini (6/3/2023), dilaksanakan Pembukaan penerimaan mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) oleh Melaka International College of Science and Technology (MICOST) sekaligus penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai bentuk kerjasama antara UNWAHA dengan MICOST. Acara yang dimulai pukul 09.50 ini dimulai dengan pengenalan profil kampus MICOST dan sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Datuk Mohamad Azmi bin Sabtu selaku direktur MICOST.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU oleh Rektor UNWAHA Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN Eng. didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. H. Fatkhulloh, M.Pd.I. dan Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan Dr. H. M. Wafiyul Ahdi, M.Pd.I, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan oleh direktur MICOST Datuk Mohamad Azmi bin Sabtu.

MoU antara UNWAHA dg MiCoST Malaka Malaysia antara lain Pertukaran Dosen, Pertukaran artikel journal, Pertukaran mahasiswa (Sit In, Short Course, dll), Kolaborasi penelitian, Kolaborasi temuan teknologi, Seminar internasional, Kuliah Tamu, Pembuatan konten animasi, Pembuatan Game &/ software.

Selain pendatangan MoU antara keduanya, mahasiswa MiCoST dan UNWAHA dalam bertukar ilmu dan skill yang dibagi dalam 3 kelas masing2 didampingi lecture atau dosen dari MiCoST yang mana ketiga materi itu terdiri dari Syarahan yang bertajuk International Economic, Short courst drawing animasi, and google yang berlangsung kurang lebih selama 60 menit.

Sehingga diharapkan mahasiswa UNWAHA dapat mempunyai soft skill yang bisa dibuat bersaing di era digital ini, selain bertukar pengalaman dan mendapatkan ilmu baru mahasiswa juga mendapatkan teman baru antar negara, selain itu para pimpinan UNWAHA yaitu Rektor beserta jajarannya bersepakat agar program-program yang digalangkan dapat segera direalisasikan secepat mungkin sehingga akan ada timbal balik positif diantara keduanya.

Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri ini merupakan upaya pencapaian visi UNWAHA yaitu menjadi institusi Pendidikan tinggi berstandar internasional yang berperan aktif dalam pengembangan IPTEK, pengelolaan Sumber Daya Alam, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia seuntuhny.

Setelah penerimaan mahasiswa program student exchange dan penandatanganan MoU antara UNWAHA dengan MICoST Malaysia pada (6/3/2023) sebagai bentuk kerja sama luar negeri, mahasiswa UNWAHA mulai mengikuti perkuliahan di kampus MICoST. Kegiatan perkuliahan ini diisi dengan pertukaran ilmu dan skill antara mahasiswa UNWAHA dengan mahasiswa MICoST yang didampingi oleh dosen dari MICoST. Materi yang dijadikan bahan diskusi meliputi Syarahan yang bertajuk Internasional Economic, Short courst drawing animation, Fitur Google.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa UNWAHA dalam bersaing di era digital sekaligus meningkatkan keterampilan mahasiswa. Selain itu, dengan adanya program ini mahasiswa UNWAHA dapat menambah jaringan koneksi di luar negeri khususnya di Malaysia.

Dalam kesempatan ini para pemimpin UNWAHA yaitu rektor dan jajarannya bersepakat untuk segera merealisasikan program-program yang digalang dengan MICoST sehingga tercipta timbal balik positif antara UNWAHA dengan MICoST.

Berikutnya mengunjungi Muzium Kraf Kuala Lumpur, rombongan mahasiswa Student Exchange UNWAHA Jombang melanjutkan mengunjungi Kampus Institut Kraf Negara (IKN) Malaysia, dimana para mahasiswa Unwaha Jombang dapat melihat proses pembuatan kerajinan Kraf yang sedang berlangsung dari mahasiswa-mahasiswa IKN didampingi oleh Norzehan Adli Bin Muhammad, Ketua Jurusan Seni Kraf Kayu dan dosen IKN lainnya.

Peliput : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait