420 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka Tuban

  • Whatsapp

TUBAN. Sebanyak 420pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tuban Tahun 2017, yang berlangsung di Makodim 0811/Tuban, Selasa (4/6/2017).

Tim seleksi Paskibraka yang terdiri dari anggota Kodim 0811/Tuban, Polres Tuban dan anggota Kompi C Yonmek 521/DY, mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melatih putra dan putri terbaik untuk menjadi petugas Paskibraka KabupatenTuban. Adapun tahapan seleksi meliputi, pemeriksaan Postur/tinggi badan, kesemaptaan jasmani, Peraturan Baris Berbaris (PBB), dan Pantukhir.

Komandan Kodim (Dandim) 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan agenda pembangunan nasional dalam rangka membentuk pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri, disiplin yang memiliki kemampuan untuk menjadi pelopor pembangunan di masyarakat.

“Mereka sebagai generasi penerus bangsa dan harapan bangsa serta merupakan agen perubahan yang memiliki jati diri, tentu sikap dan perilaku yang baik akan menjadi tauladan di tengah masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, sambung Dandim, agar dapat memilah dan menghindari hal-hal yang dapat merusak diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, menjauhi Narkoba, minuman keras dan pergaulan bebas karena hal tersebut bukanlah adab budaya kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi adat ketimuran yang patuh dan taat pada ajaran agama.

“Saya berpesan kepada calon Paskibraka, untuk selalu berkarya dan jauhi hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta orang lain,” ujarnya.

Dandim juga berharap kepada para peserta calon Paskibraka untuk bersaing secara sehat dan jangan mudah putus semangat jika gagal tetapi ambil hikmahnya.

“Kepada seluruh panitia dan tim seleksi agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan jujur, adil dan bersih serta tanpa memihak sehingga hasil seleksi pasukan benar-benar murni dan berkualitas sebagai Paskibraka yang akan mengibarkan sang saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang di Bumi Wali,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tuban, Drs. Hari Sunarno menyatakan, sejumlah pelajar yang mengikuti seleksi pada tahun ini berasal dari perwakilan SMA/SMK masing-masing kecamatan sekabupaten Tuban.

“Dari 420 peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi tersebut, akan diambil sebanyak 85 orang terdiri dari 43 putra dan 42 putri,mereka akan menjadi pasukan pengibar bendera pada 17 Agustus 2017 mendatang,” ungkapnya. (Pen )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *