DANREM 152/ Bbl Instruksikan Jajarannya Tanam Massal Komoditi Cabai

  • Whatsapp

Ternate; 09/01/201

Autentifikasi Nomor : B/007-PEN/I/2017

DANREM INSTRUKSIKAN JAJARAN TANAM MASSAL KOMODITAS CABAI

Ternate (09/01), Menyikapi meroketnya harga komoditas Cabai hingga menembus level Rp. 200.000,-/Kg sehingga menyulitkan masyarakat untuk memperoleh salah satu komoditas untuk kebutuhan dapur, seiring dengan hal tersebut Danrem 152/Bbl Kolonel Inf Sachono, S.H., M.Si. menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan budi daya tanaman cabai di lahan satuan serta mewajibkan setiap personel untuk menanam cabai di pekarangan rumah menggunakan media _Polly Bag_ dengan ketentuan minimal 10 buah per KK (kepala keluarga).

Instruksi tersebut segera ditindaklanjuti oleh seluruh jajaran Korem dengan melakukan penyemaian bibit maupun penyiapan lahan sebagai media tanam, bahkan ada beberapa anggota yang telah mengambil langkah awal penanaman Cabai semenjak melambungnya harga komoditas kebutuhan tersebut di lahan-lahan di asrama. Seperti yang kita ketahui kenaikan harga komoditas cabai saat ini mencapai _Top level_-nya sebagai akibat dari gagal panen akibat faktor cuaca yang tidak mendukung sebagai dampaknya terjadi kelangkaan komoditas tersebut dipasaran, dengan adanya kenaikan salah satu komoditas dapat memberikan efek domino terjadinya kenaikan harga kebutuhan komoditas lainnya. Menyikapi hal tersebut TNI merasa berkewajiban membantu masyarakat mengatasi kesulitan melalui berbagai gebrakan maupun terobosan salah satunya adalah penanaman cabai secara massive di seluruh satuan jajaran TNI.

Sementara itu diruang kerjanya Danrem 152/Bbl memberikan keterangan bahwa perintah tersebut merupakan pengaplikasian Instruksi Panglima TNI agar seluruh jajaran TNI melakukan penanaman cabai secara massal di seluruh jajaran dengan didukung oleh bantuan bibit dari Kementerian Pertanian, oleh karenanya kita _Breakdown_-kan Instruksi tersebut ke bawah, per hari ini seluruh satuan jajaran Korem 152/Bbl secara massive melakukan penanaman cabai di lahan-lahan satuan maupun asrama, sesuai perkiraan dalam jangka waktu satu bulan kedepan kita sudah dapat panen serta minimal dapat memenuhi kebutuhan Cabai di area Lokal sehingga diharapkan dapat menekan dan menstabilkan harga komoditas cabai di pasaran, selain itu juga komoditas lain pun perlu kita perhatikan guna menghindari meroketnya harga komoditas utama. Gerakan tanam massive ini merupakan salah satu upaya dari TNI untuk mendukung stabilitas perekonomian masyarakat serta diharapkan dapat membantu menekan angka inflasi akibat melambungnya harga berbagai komoditas kebutuhan masyarakat salah satunya Cabai. Penanaman komoditas Cabai ini juga adalah bagian dari program Emas Hijau yang merupakan kebijakan Pangdam XVI/Pattimura, selain itu juga Danrem mengharapkan langkah tersebut dapat diikuti oleh masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur maupun penerapan teknologi pertanian rumahan modern seperti penggunaan _Polly Bag_, _Hydrophonik_ maupun teknik lainnya. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *