Ada Ternak Terjangkit PMK, Disnakkeswan Gelar Sosialisasi Penanggulangan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka Pengendalian dan menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tulungagung, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulungagung, melakukan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Penyakit Hewan Menular Strategis, Kenali dan Waspada.

Sosialisasi bertempat, di Balai Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Rabu, (24/4/2024).

Dalam beberapa minggu terakhir, memang di Desa Pelem banyak terdapat Hewan yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), terhitung sudah puluhan hewan yang mengalami penyakit tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, melalui Kabid Kesehatan Hewan drh. Tutus Sumariyani, MM, mengatakan bahwa, sudah memberikan sosialisasi sejak wabah tersebut merebak di Desa Pelem.

“Setelah adanya wabah PMK di Desa Pelem, kami bersama tim sudah beberapa kali datang untuk sosialisasi, penyuluhan dan serta memberikan obat pada hewan yang terjangkit,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa strategi pengendalian PMK yaitu, giat vaksinasi PMK tahap booster dan vaksinasi I untuk ternak-ternak baru terus dilaksanakan di seluruh wilayah di Kabupaten Tulungagung, pelayanan kesehatan hewan di 7 (tujuh) wilayah kerja Puskeswan, komunikasi, informasi dan Edukasi tentang penyakit hewan menular.

“Kemudian, pengawasan lalu lintas ternak dan desinfeksi di Pasar Hewan Terpadu Tulungagung, meningkatkan survailans di 7 (tujuh) wilayah kerja Puskeswan,” ucap Tutus usai memberikan sosialisasi kepada peternak.

Selain itu, lanjut Tutus, dihimbau kepada Masyarakat peternakan untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pengendalian dan penanggulangan PMK.

Pengendalian dan penanggulangan PMK meliputi, pelaporan secara dini kepada Petugas di Puskeswan apabila mendapatkan ternak sakit dengan gejala PHMS (Penyakit Hewan Menular Strategis), mendukung dan menerima program-program pengendalian yang dilaksanakan oleh Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tulungagung

“Selanjutnya, tidak mudah panik dan terpengaruh terhadap pihak-pihak luar yang mempunyai kepentingan bisnis apabila ternaknya sakit, menjaga ternaknya dengan memberikan nutrisi dan pakan yang baik dan selalu menjaga sanitasi kandang,” terangnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa, PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bisa disembuhkan dengan penanganan dan pengobatan yang tepat.

“Vaksinasi merupakan langkah yang paling tepat untuk mencegah dan mengendalikan PMK di wilayah Kabupaten Tulungagung,” tandasnya.(Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait