AHY Serahkan Bantuan bagi Korban Bencana di Kota Kupang

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau langsung lokasi bencana longsor dan sekaligus menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa sembako bagi korban bencana badai siklon tropis Seroja di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (27/6/2021).

Saat meninjau lokasi terdampak bencana dan penyerahan bantuan kemanusiaan di lokasi pengungsian, AHY didampingi Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Anggota DPR RI, Beny K. Harman dan Anita Gah, dan dihadiri para pengurus DPD Partai Demokrat NTT dan DPC Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan Rote Ndao.

Usai meninjau lokasi bencana, AHY bersama rombongan mendatangi lokasi pengungsian untuk menemui para korban bencana yang sampai saat ini masih tinggal di tenda pengungsian.

Saat tiba di tempat pengungsian, AHY disambut gembira oleh anak-anak maupun orang tua mereka. Di lokasi pengungsian Kelurahan Oebufu, terdapat 24 kepala keluarga (KK) atau 86 orang, yang terdiri atas balita 18 orang, ibu hamil tujuh orang, dan satu orang lansia.

Usai meninjau tenda pengungsian, AHY bersama rombongan berjalan kaki menuju tempat acara penyerahan bantuan sembako, yang dihadiri ratusan warga korban bencana yang sudah menunggu sejak siang.

AHY didampingi Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada lima orang perwakilan.

Bantuan kemanusiaan dari Partai Demokrat akan diberikan kepada warga korban bencana di lima kabupaten/kota, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Malaka, Rote Ndao dan Sabu Raijua.

AHY mengatakan, kunjungan kali ini ke Nusa Tenggara Timur adalah khusus untuk menyampaikan simpati dan juga bantuan kemanusiaan.

“Walaupun tidak banyak tetapi mudah-mudahan berarti, dan bisa meringankan beban masyarakat kita yang terdampak bencana beberapa saat yang lalu, yang telah memporak-porandakan tempat tinggal mereka,” ungkap AHY.

“Tadi saya bersama dengan Bapak Wali Kota Kupang Jefri Riwu, yang juga Ketua DPD Demokrat NTT bersama kader yang lain, tadi kami menyaksikan, sekaligus menyapa masyarakat yang rumahnya hancur, banyak jalan-jalan juga terbelah-belah cukup dalam. Dan semuanya itu tentu berdampak secara langsung kehidupan masyarakat kita,” kata dia menambahkan.

Oleh karena itu, AHY mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang berupaya untuk segera melakukan segala hal yang bisa meringankan beban mereka, termasuk merelokasi. Karena rumahnya tidak bisa lagi ditinggali maka diarahkan ke tempat yang lebih layak.

Terkait dengan relokasi warga korban bencana, AHY mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada Anggota DPR RI dari Parta Demokrat, yakni Beny K. Harman dan Anita Gah, agar mendorong di tingkat pusat untuk bisa mempercepat atau memprioritaskan paling tidak upaya – upaya termasuk program anggaran agar segera bisa membantu masyarakat yang terkena bencana di NTT.

“Kita semua harus bersinergi pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga kabupaten/kota. Tadi siang saya ketemu Bapak Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, saya juga menyampaikan hal serupa mudah-mudahan ada sinergi yang baik diantara semua eselon pemerintahan,” kata AYH.

AHY juga melepas secara simbolis mobil truck yang mengangkut bantuan sembako untuk dihantar ke lima kabupaten/kota. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait