Akibat Corona Prosesi Pelaksanaan Pernikahan di Dusun Cilibbo Bulukumba Disederhanan

  • Whatsapp

Laporan: Mustainah Ambo
Mahasiswa KPI Unismuh Makassar melaporkan dari Bulukumba

BULUKUMBA. Penyebaran wabah Corona jenis Covid-19, berdampak luas pada semua sendi kehidupan masyarakat.

Salah satu di antaranya yang merasakan efek itu adalah warga masyarakat yang menggelar prosesi pernikahan pada 29 dan 30 Maret 2020, di Dusun Cilibbo Desa Mattirowalie, Kecamatan Kindang Bulukumba.

Prosesi pelaksanaan dilaksanakan hanya sehari. Padahal ketika kondisi da susana normal waktu paling ramai adalah dua hari, saat akad nikah dan saat walimah.

Tetapi karena pendemi Corona ini maka waktunya hanya sehari dengan menggabungkan pelaksanaan akad nikah dan walimah hanya satu hari.

Saat kondisi normal, biasanya kalau ada warga gelar pesta, jalan poros depan rumah tempat acara perkawinan ditutup, tetapi kali ini jalanan tidak ditutup.

Selain itu ketika pesta pernikahan digelar di hari yang normal, setelah prosesi pesta pernikahan, keluarga yang punya hajatan ramai-ramai ke aliran sungai di dusun itu mencuci bersama karpet. Tetapi dua acara pernikahan itu, tradisi cuci karpet tidak ada lagi.

Suasana dusun ini sejak pendemi Corona terasa sangat sepi aktifitas warga membatasi diri keluar rumah.

Jalanan poros pada dusun ini juga sangat terasa lengang dan senyap karena tidak ada bunyi dan deru kendaraan mobil dan motor pengguna jalan raya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait