Akun FB Kabag Humas Pemkab Situbondo Diretas Minta di-Transfer Pulsa

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima — Akun Facebook Humas Pemkab Situbondo Jawa Timur diduga di kloning atau di-hack oknum yang tidak bertanggung jawab. dengan modus meminta pertemanan kemudian mengirim pesan melalui inbox meminta ditransfer pulsa ke beberapa nomer dengan nominal ratusan ribu rupiah.

Bukan hanya warga di seputar situbondo saja yang dijadikan target penipuan, informasi yang berhasil dihimpun oleh beberapa media, selain warga sipil dan pejabat yang menerima pesan penipuan tersebut, pelaku juga menyasar kebeberapa Tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Pemilik akun Alya Rohati, wanita asal Asembagus yang saat berada di Hongkong, mengaku mendapat permintaan pertemanan dari akun Imam Hidayat dan meminta ditransfer pulsa ke dua nomer berbeda. Dengan dalih sedang ada tamu penting dan tidak bisa keluar dari kantor.

“Awalnya saya senang karena ada pejabat yang minta pertemanan dengan saya yang hanya seorang TKW di Hongkong, setelah ada inbox permintaan dikirimi pulsa ke nomer 081260076161 dan 081267012847 masing – masing minta diisikan pulsa 200 ribu, disitulah saya mulai curiga,”Ucap Alya Rohati via telepon Selasa (18/7).

Sejumlah postingan dibeberapa media sosial dari penerima pesan melalui inbox mulai ramai bahkan digroup -group Facebook pun ramai beberapa orang yang menyesalkan isi permintaan yang mengatas namakan H.Imam Hidayat selaku Humas Pemkab Situbondo

Ketika dikonfirmasi, H.Imam Hidayat membenarkan bahwa akun FB miliknya dikloning oleh seseorang, Kejadian tersebut baru disadari setelah Dirinya dihubungi oleh teman-temannya meminta klarifikasi atau menanyakan kebenaran informasi terkait permintaan pulsa tersebut.

“Saya himbau terhadap sahabat atau masyarakat Situbondo apabila ada permintaan dari akun yang meminta pulsa dengan memakai nama dan profil saya, itu saya pastikan palsu dan penipuan, Akun yang dipakai orang tidak bertanggung itu dibuat pada tahun 2017, padahal akun resmi saya sudah lama saya buat,”Jelas Imam.

Saat ini Imam Hidayat sudah meminta tim IT untuk memeriksa akun FB asli miliknya memantisipasi adanya Hacker yang memanfaatkan nama pribadinya maupun tugasnya sebagai Humas Pemkab Situbondo,”Kami masih berkonsultasi dengan tim IT, termasuk kemungkinan akan melaporkan ke pihak kepolisian, kami juga sudah meminta bantuan kepada Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) Kabupaten Situbondo untuk segera memblokir akun tersebut,”Tegasnya.
(Joe).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *