Alif Berharap, Wisata Baru di Gresik Utara Tingkatkan Ekonomi Desa

oleh -112 views

GRESIK,beritalima.com-Munculnya kesadaran masyarakat baik Pemerintah Desa (Pemdes) maupun warga dalam memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) di sekitar kawasan Desanya menjadi embrio terciptanya beberapa wisata di Gresik utara.

Selain wisata pasir putih di Desa Delegan. Di Gresik utara muncul dua wisata baru yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Wisata itu adalah Selo Tirto Giri (Setigi) yang berada di Desa Sekapuk dan wisata Wagos yang ada di Desa Gosari.

www.beritalima.com

Kedua wisata itu sama-sama dikelola secara mandiri oleh Pemdes tanpa ada bantuan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Menyikapi munculnya wisata baru yang dikelola Pemdes tersebut, Wakil Ketua DPRD Gresik, Asluchul Alif mengapresiasi munculnya kesadaran akan pemanfaataan potensi Desa tersebut. Dia menyatakan Gresik utara punya potensi besar untuk menjadikan wilayah tersebut menjadi kawasan destinasi wisata. “Ada peluang sangat besat Gresik utara untuk menjadi kawasan destinasi pariwisata,” ujarnya saat berkunjung ke Wagos, Minggu kemarin (2/2).

Alif juga tidak mempermasalahkan jika pengelolahan wisata tidak melibatkan Pemkab Gresik. “Kalau menurut saya OPD atau Pemda mau mengakuisi tapi Desa tidak mau harap tidak dipaksakan. Yang terpenting adalah Desa harus tumbuh secara mandiri,” urainya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dia berharap dengan adanya wisata di Gresik utara akan menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) sehingga perekonomian Desa bisa tumbuh pesat tidak bergantung pada Pemerintah diatasnya. “Adanya wisata ini bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian di Desa sehingga mereka mampu mandiri dalam membangun Desa,” jelasnya.

Sementara terkait wacana menjadikan Gresik Utara menjadi kawasan destinasi wisata terintegrasi, Alif sangat setuju, hanya saja perlu kajian mendalam. Butuh Feasibility Study (FS) lebih lanjut. “Inisitif status kawasan destinasi wisata harus melalui FS sangat mendalam,” tambahnya.

Untuk itu, Alif berjanji, akan menginisasikan kepada dinas Pariwisata dan PMD terkait wacana kawasan destinasi wisata tersebut.” Ya nanti dewan akan inisiasi wacana tersebut,” terangnya. (Ron) www.beritalima.com

www.beritalima.com