Anak Jember Naik Sepeda ke Jakarta, Niat Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

  • Whatsapp
Zaki Ilham Mashudi bersama sepedanya mengabadikan di sekitar tugu monas Jakarta (beritalima.com/istimewa)
Zaki Ilham Mashudi bersama sepedanya mengabadikan di sekitar tugu monas Jakarta (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Seorang anak di Jember naik sepeda ke Jakarta, dengan niatan untuk bisa salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Zaki Ilham Mashudi (12) merupakan anak dari pasangan suami-istri Zulkarnain Marzuki (41) dan Yeni Nuraini (41) yang tinggal di Jalan MT. Haryono, Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Bacaan Lainnya

Ditemui dirumahnya, Zaki panggilan akrabnya mengaku, kurang lebih 10 hari yang ditempuh menuju Jakarta. “Baru pulang kemarin. Ke Jakarta sama Cak Pendik,” katanya, Kamis (14/7/2022).

Diketahui, Zaki baru saja lulus Sekolah Dasar (SD) dan saat ini diterima di SMPN 1 Jember dengan jalur prestasi. “Kalau pulangnya naik kereta, takut tidak nutut, karena Senin sekolah masuk,” ujarnya.

Sementara, pengakuan ayah Zaki, perjalan antara Jember – Jakarta yang dilakukan anaknya berjarak seribu kilometer. Zaki awalnya berangkat bersama dirinya dan istrinya, serta teman pecinta sepeda.

Namun kata Zul sapaan ayah Zaki, dirinya bersama istri dan temannya hanya sampai di Yogjakarta, sedangkan Zaki bersama dengan Cak Pendik meneruskan ke Jakarta.

Menurutnya, misi yang di bawa anaknya Zaki ialah ‘Bersepeda ke Sekolah’. Jadi ingin mengajak teman-temannya naik sepeda ke sekolah. “Karena sekarang sudah waktunya mengurangi polusi udara,” ucapnya.

Terkait dengan niat Zaki salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Zul menyatakan, etape terakhirnya ialah Tugu Monas Jakarta, setelah dari Masjid Istiqlal. Dimana tugu itu merupakan simbol Ibu Kota Jakarta.

“Memang Zaki punya niatan baik, dia bisa salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta,” ucap Zul.

Ayah empat anak mengatakan, dirinya bersama istri memang hobinya bersepeda. Bahkan sering melakukan perjalan jauh, bersama istri, anak pertamanya Zaki dan temannya.

“Zaki menyukai naik sepeda sejak kelas 1 SD. Bahkan sebelum ke Jakarta, sudah pernah naik sepeda ke Lumajang, Banyuwangi, Pasir Putih Situbondo dan Denpasar,” sebutnya.

“Jadi kita sudah punya etape pendek. Jadi awalnya belajar, menempuh jarak 100 kilometer,” akunya.

Terkait niat Zaki ingin salat di Masjid Istiqlal, Zul menyampaikan, memang anaknya ingin sujud syukur di Masjid Istiqlal, sebagai rasa syukur telah diterima di SMPN 1 Jember.

Sedangkan untuk memonitoring Zaki, ayahnya mengaku mempunyai teman komunitas pecinta sepeda yang ada di Indonesia.

“Jadi pantauan melalui komunitas sepeda Federal. Mereka mengabarkan posisi Zaki ada dimana, bertemu siapa dan itu yang kita pantau. Selain itu, memantaunya juga melalui telepon saja,” jelasnya.

Dengan bakat yang dimiliki anaknya, Zul berharap, Zaki bisa mendapat wadah untuk menjadi atlet sepeda di Kabupaten Jember.

“Maunya dia ke Road Bike. Semoga saja nanti kita punya wadah, punya kantong yang bisa jadi atletnya Road Bike,” harapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait