Antisipasi Bencana, Bupati Jember Investigasi Gunung Argopuro dari Ketinggian

  • Whatsapp
Pesawat yang ditumpangi Bupati Jember menginvestigasi Gunung Argopuro dan Raung (beritalima.com/sugik)
Pesawat yang ditumpangi Bupati Jember menginvestigasi Gunung Argopuro dan Raung (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor, Bupati Jember H. Hendy Siswanto melakukan investigasi ke Gunung Argopuro dan Raung dari ketinggian.

Dengan Test Flight Tour bersama Kepala Finas Perhubungan Jember, Bupati melihat langsung dari atas pesawat kondisi Gunung Argopuro dan Raung, Sabtu (6/8/2022).

Bacaan Lainnya

Mengingat, akhir tahun dan musim penghujan sudah dekat, Bupati investigasi keberadaan aliran air kaki Gunung Argopuro dan Raung, yang bersatu membanjiri kota Jember.

“Ini merupakan langkah kami untuk mengantisipasi sekaligus sebagai upaya untuk penanganan bencana,” kata Bupati.

Sebab, selama ini pihaknya masih belum tahu, jika ternyata aliran air dari kaki Gunung Argopuro dan Gunung Raung bersatu di Jember.

Belum lagi, akhir tahun sudah mulai dekat. “Terus terang kami harus waspada dan hati-hati,” tegasnya.

Dari sisi pemerintah, pelaksanaan test flight tur tersebut juga menjadi upaya investigasi. Mengingat, selama ini masih belum ada upaya penanganan secara fisik lantaran biaya yang luar biasa.

Dengan penerbangan yang dilakukan ini, dia mengaku bahwa pihaknya bakal melihat gambaran sekilas seperti apa dari ketinggian.

“Lebih detail lagi, kami akan melaksanakan join flight lanjutan,” paparnya. Yakni, dengan mengajak para survival untuk melihat kondisi aliran air yang ada di atas Gunung Argopuro.

Menurut dia, hal tersebut menjadi sangat penting. “Dan sangat berisiko tinggi jika tidak segera diatasi,” ucapnya.

Sementara untuk hasil pemantauan itu nanti, Bupati bakal melaporkan hasilnya kepada pihak provinsi. Harapannya, mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan menemukan hal baru dari ketinggian. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait