Apel Renungan Suci Hari Pahlawan Di TMP Yudho Negoro Magetan

  • Whatsapp

Magetan, Bertempat di TMP Yudhonegoro Kabupaten Magetan,telah dilaksanakan kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016. Bertindak sebagai Inspektur Upacara   Kapolres  Magetan AKBP Heru Agung Nugroho.S.Ik. Kamis dini hari (10/11/16)

Inspektur upacara, AKBP Heru Agung Nugroho.Sik menyatakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan implikasi pemuda penerus bangsa dalam upaya menghormati jasa para pahlawan. Apel berlangsung dalam suasana penuh khidmat ditambah rinti-rintik hujan didalam area kawasan TMP Yudho Negoro. Acara dimulai tepat pukul 00.00 WIB diawali dengan pembacaan Ikrar yang dibacakan langsung oleh Kapolres Magetan  AKBP Heru Agung Nugroho.Sik yang diterangi oleh nyala obor pada saat acara berlangsung.
AKBP Heru Agung Nugroho.Sik menyatakan rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan,  mewakili anak bangsa bertekad dan berjanji melanjutkan perjuangan para pahlawan. Tepat pukul 00.00 WIB, Kapolres Magetan AKBP Heru Agung Nugroho.Sik membacakan ikrar pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di area Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, yakni TNI 221 orang, Polri 35 orang, Pegawai Negeri Sipil 27 orang, Pejuang Rakyat 7 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 33 orang.
Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya dikota-kota didusun-dusun, dilereng gunung, dilembah ngarai dan didasar lautan kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.
“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami dan jalan kepastian yang pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik baiknya,” ujarnya.
Di penghujung upacara, selain mengheningkan cipta dan berdoa yang diiring suara terompet bertalu-talu bersaut-sautan hampir lima menit sebagai tanda rasa cinta dan bangga terhadap para pahlawan yang rela serta ikhlas bertaruh nyawa demi Tanah Air Indonesia
Apel kehormatan dan renungan suci  yang dikomandani AKBP Heru Agung Nugroho.Sik dihadiri oleh 200 orang terdiri dari Bupati Magetan Drs Sumantri,MM. .Wakil Bupati Magetan Bpk Samsi,St..Ka DPRD Kab Magetan Bpk Joko Suyono,S.Sos. Dandim 0804 Magetan diwakili Kasdim 0804 Mgt Mayor inf Suyono, Forkopimda kab Magetan.Plt Sekda Kab Magetan Bpk Sutikno,MM. Asisten dan staf ahli Kab Magetan. Kabag dan kadis kab Magetan. Jajaran Danramil 0804/Magetan dan Kapolsek Kjajaran Polres Kab Magetan. 1 Peleton Korsik Pemkab MAgetan. 1 Peleton Gabungan Perwira. 1 Peleton dari Kodim 0804 Magetan. 1 Ton dari Secata rindam V/Brw, 1 Peleton Lanud Iswayudi, 1 Peleton Polres Magetan. 1 Peleton Linmas. 1 Peleton PNS. 1 Peleton Mahasiswa dan Pelajar. Apel diakhiri dengan pembacaan doa pahlawan yang berakhir tepat pukul 00.30 WIB.  (Tsr /Penr)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *