Api Obor Porprov Jatim Tiba di Situbondo, Disambut Langsung Sekda Saifullah

  • Whatsapp
Penyerahan Api Obor Porprov Jatim diterima Sekda situbondo Saifullah. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim telah tiba di Situbondo, Selasa (21/6/2022). Obor tersebut diserahkan oleh Sekda Bondowoso, Bambang Soekwanto kepada Sekda Situbondo, Syaifullah di perbatasan Situbondo-Bondowoso. Tepatnya di depan Polsek Situbondo.

Sekda Situbondo, Syaifullah mengatakan, selanjutnya obor api Porprov VII Jatim tersebut dikirab ke kecamatan yang ada di wilayah timur Kota Santri Pancasila.

“Alhamdulillah obor api Porprov VII siang ini kami terima dari Bondowoso. Hari ini juga obor api akan dikirab mulai dari Kecamatan Panji, Kapongan, Arjasa, Asembagus dan Banyuputih,” ujarnya.

Syaifullah melanjutkan, obor api akan kembali ke Pendopo Aryo Situbondo, dan menginap satu malam. Keesokan harinya (Rabu, 22 Juni 2022 -red), obor api akan kembali dikirab ke kecamatan di wilayah barat Situbondo.

“Setelah sampai di kecamatan ujung barat (Kecamatan Banyuglugur -red), obor api kembali diserahkan ke Panitia Besar Poprov VII Jatim untuk dikirab ke Kabupaten Lumajang,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Situbondo juga mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah daerah dalam memberantas peredaran rokok ilegal.

“Sebab keberadaan rokok ilegal jelas merugikan negara, karena tidak membayar pajak. Sehingga berdampak terhadap penerimaan dana DBHCHT ke Pemkab Situbondo,” tegasnya.

Sementara, Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi menjelaskan, kirab obor api tersebut menandakan dimulainya ajang Porprov VII Jatim.

“Api porprov adalah api abadi yang diambil dari Gunung Ijen, pada tanggal 19 Juni 2022 dan diinapkan di Bondowoso. Dan pada hari ini diterima oleh Pemkab Situbondo,” tuturnya.

Lebih jauh, Deny mengungkapkan, dari 47 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam ajang Porprov VII Jatim, Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk bertanding di 26 Cabor.

“26 Cabor itu meliputi futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo,” pungkasnya.

Menurut Deni, dari 26 Cabor tersebut 12 di antaranya bertanding di Situbondo. “Yakni voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque,” tutupnya. (ADV/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait