HMS Mengajak Masyarakat Untuk Menghindari Menangkap Ikan Dengan Cara Pengeboman

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM akrab disapa HMS yang dikenal Sederhana dan Peduli kepada masyarakat Pulau Sumbawa telah hadir dalam kegiatan Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat dalam pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) melalui sistem pengawasan berbasis masyarakat, bertempat di lesehan labuhan Balad Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat pada selasa (14/6/22).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Amin Sudiono,MM dalam sambutannya menyampaikan,kabupaten Sumbawa Barat perlu pengawasan ketat laut 1050 hektar,ini cukup besar karena kita ketahui bahwa Kabupaten Sumbawa Barat merupakan daerah yang pantainya menarik dan bagus, baik ikannya dan trumbu karangnya seperti di gili balu.

” Beberapa yang lalu disekitaran gili balu kecamatan tano ada Ilegal Vising seperti penangkapan ikan melalui Pengeboman, menggunakan kompresor dan kimia. Sehingga akan merusak biota laut di sekitaran gili balu tersebut,akhirnya anak cucu kita tidak merasakan keindahan laut dan biotanya” jelasnya

Lanjutnya,maka kabupaten perlu peran dari masyarakat untuk ikut serta mengawasi wilayah laut kita ini yaitu terbentuknya Pokwasmas ( Kelompok Pengawas Masyarakat) di Kabupaten Sumbawa Barat terutama di pesisir pantai.

” Alhamdulillah kabupaten Sumbawa Barat sudah terbentuk 10 Pokwasmas diantaranya adalah,(1). Balad di taliwang (2). Batu payung di kertasari (3).Batu layar di jelengah (4).Bina lestari di maluk (5). Liang curuk di senayan (6).Pasir putih di kiantar(7).Tanjung prata dikiantar(8). Kualawa poto tano (9).Gili poto tano (10). Sekongkang ” terangnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PAN H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM dalam sambutanya dirinya sebelum menghadiri sosialisasi penguatan peran masyarakat dalam pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan,dirinya diundang oleh Dinas PU Sumbawa Barat untuk melakukan peletakan batu pertama pengerjaan program P3TGAI sepanjang 3.700 m di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

“Sebenarnya tidak ada keterkaitannya dengan Dinas PU karna saya ada di komisi IV DPR RI yang membidangi kelautan,pertanian, kehutanan dan bulog. Ini karna kedekatan menjalin komunikasi dengan baik sehingga saya di mintak untuk peletakan batu pertama pengerjaan program P3TGAI sepanjang 3.700 m di Desa Labuhan Lalar ” terang HMS tiga periode

Politisi PAN HMS dalam sambutannya mengatakan,tentu sebagai wakil rakyat tugas negara untuk mengabdi kepada rakyat tidak ada batasannya selama saya mampu melakukannya maka akan kami lakukan.Tidak semua anggota DPR RI mampu memberikan aspirasinya kepada masyarakat.

” Saya meminta kepada pemerintah agar di pulau sumbawa pos pengawasan di perbesar sedikit,alhamdulillah di setujui. Kebetulan di pulau sumbawa ada program pemerintah dari kementerian kelautan dan perikanan(KKP) terkait pembangunan terintregasi udang atau disebut Shrimp Estate ” terang HMS kandidat Doktor Universitas Brawijaya

Politisi PAN HMS menjelaskan, bahwa
pengembangan kawasan budidaya udang terintegrasi (shrimp estate) yang akan di bangun di wilayah Sumbawa yaitu di desa
kukin dan desa penyaring dandiperkirakan akan menyerap tenaga kerja hingga 2.000 orang, tentu kelak jika ini dapat terwujud maka akan menjadi kebanggan bagi NTB dan Pulau Sumbawa khususnya.(Rozak).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait