ASOSIASI POKDARWIS KSB TERBENTUK, Maryunani Apyanto Terpilih Jadi Ketua

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB.beritalima.com|
Delapan Belas Tahun Kabupaten Sumbawa Barat menjadi Kabupaten Definitif, akhirnya ASOSIASI POKDARWIS KABUPATEN SUMBAWA BARAT ( APKSB) terbentuk secara Aklamasi pada senin (10/01/22) yang dibuka oleh Kepala Dinas Parawisata IB Sumbawanto

Pembentukan Asosiasi ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Disparpora KSB dengan dihadiri perwakilan Pokdarwis dari beberapa Kecamatan dan Desa di Kabupaten SUMBAWA Barat diantaranya Pokdarwis Intan Bulaeng, Pokdarwis Tonyong Bulaeng, Pokdarwis Sagegar Balat, Pokdarwis Ras Taliank Kawa Pisak Poto Batu, Pokdarwis Ai Bua, Pijdarwis Datu Seran, Pokdarwis Batu Tilam, Pokdarwis Gili Baban, Pokdarwis Buin Banyu, Pokdarwis Risma Pola Mata, Pokdarwis Papoya, dan Pokdarwis Gelumpang, dua diantaranya mewakili yaitu Pokdarwis Mantun dan Pokdarwis Olat Share

Yudha selalu ketua terpilih secara Aklamasi menuturkan perjalanan pembentukan ini sudah melalui pertemuan-pertemuan sebelumnya dengan Pokdarwis yang ada. Sehingga pada akhirnya terbentuklah pada hari ini.

Diakui oleh Yudha, pembentukan ini memang terkesan sederhana dan dipercepat mengingat kebutuhan dan situasi pandemi saat ini. Namun demikian, Yudha menegaskan bahwa ini sebagai promotor untuk mengawali berdirinya Asosiasi Pokdarwis. Ia juga menekankan partisipasi lebih luas akan didorong dalam proses pemilihan pengurus asosiasi ke depan dan diatur lebih rinci lagi.

Pada kesempatan ini pula, terpilih pimpinan Asosiasi Pokdarwis SUMBAWA Barat , Marynanni Apyanto dari Pokdarwis Intan Bulaeng Desa Kertas sari sebagai Ketua, Edi Chandra Gunawan ( Peninjau) Sebagai Sekretaris dan Mursalin Hamid dari Pokdarwis Batu Tilam Sakit sebagai Bendahara priode 2022 – 2025 sementara untuk kompisisi Pengurus lainnya akan dibentuk kemudian oleh pimpinan yang terpilih hari ini.

Yudha Saat dimintai keterangan pasca terpilih, menegaskan bahwa wadah yang terbentuk saat ini menjadi rumah bersama bagi seluruh Pokdarwis yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat . “Harapannya ke depan ini bisa menjadi rumah kita bersama, teman-teman Pokdarwis,” tegasnya.

Yudha menambahkan, dengan terbentuknya wadah ini juga diharapkan agar Pokdarwis punya “Bapak” atau mitra strategis dalam kerja-kerjanya ke depan. Baik itu Dinas yang menangani Desa maupun yang membidangi Pariwisata dari tingkat paling bawah sampai ke Pusat (Kementerian). “Teman-teman Pokdarwis minimal ada orang tuanya,” harapnya.

Disinggung visi yang akan diusung oleh wadah yang Ia pimpin sekarang, Sapta menerangkan akan membangun pariwisata KSB yang lebih variatif, inovatif, dan bisa bersaing dengan daerah lain. “Kita bisa membangun pariwisata KSB yang lebih variatif, lebih inovatif, dan dapat bersaing secara sehat dengan daerah-daerah lain,” pungkasnya.

Kadispora KSB IB Sumbawanto dalam sambutan pembukanya mengatakan hadirnya Asosiasi Pokdarwis KSB ini untuk lebih banyak berbuat dalam membangun parawisata KSB, sehingga program kerjanya yang jelas dan terukur, ” saat ini Program pokdarwis sudah cukup bagus dan mampu menyumbangkan Pendapatan Daerah Yang bisa mendatangkan PAD yaitu ada 3 pokdarwis yg mendatangkan PAD Pokdarwis balat, kertasari dan lebo ” kata Sumbawanto

Adanya Asosiasi bisa mendongkrak bagi kemajuan wisata karena Pokdarwis ujung tombak majunya wisata daerah

Sekretaris terpilih Edi Chandra Gunawan mengatakan Peran Asosiasi Pokdarwis dalam mengembangkan Destinasi wisata merupakan salah satu bentuk kelembagaan yang dibentuk oleh Kelompok Pokdarwis
yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan dalam mendukung terciptanya iklim kondusif dan terwujudnya Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan unsur kenangan) sehingga dapat mendorong dalam mengembangkan dan membangun kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa Barat yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sehingga mampu melahirkan usaha Ekonomi Kreatif dibidang Parawisata.

Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Sumbawa Barat ini, memiki peran besar atas pengembangan pariwisata di setiap destinasi unggulan,sehingga Pemanfaatan semua potensi yang dikemas menjadi produk wisata mampu melestarikan kearifan lokal masyarakat dan lingkungan dengan salah satu cara yang dapat mengintegrasikan seluruh potensi yang ada yakni menjadikan disetiap Destinasi Wisata agar pembangunannya terencana dan terukur sehingga disetiap pengembangannya tidak merusak nilai-nilai yang dipercayai oleh masyarakat dan kualitas lingkungan tidak mengalami penurunan atau rusak, serta dapat memaksimalkan keuntungan ekonomi untuk masyarakat lokal.

VISI : Terwujudnya Pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat Yang Bermutu, Berdaya Saing, dan Bermanfaat Bagi Kesejahteraan Masyarakat

MISI : Mengembangkan Industri Wisata Demi Terciptanya Lapangan Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat Mengkampanyekan Sapta Pesona (Aman, Tertib,Sejuk,Indah,Ramah Tamah, Kenangan) dengan selalu Memanfaatkan/ Menggali potensi setiap Destinasi Wisata Dalam Mendukung Pariwisata Sehingga Kedepan bisa Lebih Baik.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait