Babinsa Panarukan Motivasi Warga Hidupkan Lahan Gersang Dengan Sereh Wangi

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Masyarakat desa Sumber Kolak tampaknya akan bisa tersenyum lebar, karena berkat kerja keras dan motivasi pantang mundur yang dilakukan Babinsa Sertu Eko Wahyudi, kini berhasil menghijaukan lahan gersang dengan tanaman Sereh wangi. Minggu (7/3/2019)

“Dusun Randu, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan merupakan sebuah dusun yang berbatasan dengan hutan dan memiliki kultur tanah gersang. Melalui Himpunan Sereh Wangi Jatim kami mencoba memotivasi masyarakat petani yang tergabung dalam LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk memanfaatkan lahan perhutani dengan menanam Sereh Wangi,”Jelas Sertu Eko Wahyudi anggota Koramil 0823/05 Panarukan.

Sertu Eko Wahyudi yang juga Babinsa Desa Sumberkolak mengatakan, penggarapan Ladang Sereh Wangi ini adalah murni dari hasil pemikiran Putra – Putra Bangsa yang mau peduli terhadap kondisi Bangsa sehingga tercipta pemikiran untuk memanfaatkan potensi wilayah membuka Lahan Hutan lebih dari 10 Hektar sebagai Ladang Sereh Wangi atas Ijin Perhutani.

“Harapannya sebagai Babinsa disini adalah dengan pembukaan Lahan Hutan untuk Ladang sereh wangi nantinya bisa mengurangi tingkat pengangguran, memperbaiki tingkat perekonomian Masyarakat, membangun Ekonomi Bangsa menghadapi persaingan pasar globalisasi untuk selamatkan NKRI,”Sambung Eko.

Bahkan Dengan dimanfaatkannya Hutan yang dulunya terkenal gersang dan tandus menjadi Ladang “Sereh wangi” dengan bantuan pengusaha lokal Situbondo tersebut kini penanaman diarea tersebut juga di gadang – gadang terbesar di jawa timur dan masuk dalam HPS Jatim (Himpunan petani sereh wangi jawa timur)

“Planing kami kedepan selain dijadikan untuk menumbuhkan ekonomi lahan ini nantinya juga bisa menjadi sarana Edukasi bagi pelajar untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap lingkungan dan menghargai pekerjaan petani,” Imbuh Sertu Eko wahyudi yang juga pernah menerima penghargaan Babinsa terbaik.

Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Ahmad JuniToa, SE, M.I. Pol mengapresiasi kinerja Babinsa Sumberkolak Sertu Eko Wahyudi, dimana menurutnya apa yang dilakukan oleh Sertu Eko, sejalan dengan tugas pokok Babinsa yang meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. 

“Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD yang meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya. Nah apa yang dilakukan oleh anggota kita Sertu Eko ini adalah salah satu Tugas pokok Babinsa yaitu membina Desa atau Kelurahan yang menjadi tanggung jawabnya,”Papar Dandim Ahmad Juni Toa.

Tersiar kabar jika pada Mei 2019 dengan suksesnya penanaman “Sereh Wangi” dilahan 10 Ha tersebut juga telah menarik investor untuk membangun penyulingan minyak Sereh wangi didesa Sumber Kolak, bahkan rencananya penyulingan tersebut bukan hanya memproduksi penyulingan sereh wangi yang ada di Kabupaten Situbondo saja akan tetapi juga dari luar kabupaten situbondo seperti Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *