Bagian Organisasi Gelar Workshop dan Pelatihan Bahasa Isyarat

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Petugas Pelayanan Publik Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Jombang. Peserta diikuti oleh petugas yang ditunjuk oleh masing – masing OPD setelah mendapat undangan.

Acara dilaksanakan di Ballroom Fatma Hotel Jombang selama dua hari, yakni 5 – 6 Juni 2023, dibuka Asisten Administrasi Umum Setdakab Jombang, Dr. drg. Subandriyah, MKP.

Adi Prasetyo, S.P., M.Si selaku Kepala Bagian Organisasi menjelaskan bahwa Workshop tersebut berangkat dari program PBB yakni Sustainable Development Goals (SDGs) untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Ini dilaksanakan, menurutnya agar ada kesetaraan gender antara laki laki dan perempuan.

“Terutama penyandang disabilitas tuna rungu yang tidak dapat mendengar pembicaraan verbal, kami mengundang perkumpulan bahasa isyarat agar bisa digunakan oleh petugas pelayanan publik lingkup Pemkab Jombang,” ujar Adi saat break, Senin (5/6/2023).

Ia pun menjelaskan manakala ada masyarakat yang mengurus dokumen atau berhadapan dengan petugas layanan publik, setidaknya ada yang menjelaskan secara inklusif sehingga bisa menerangkan dengan menggunakan bahasa isyarat.

“Secara inklusif petugas layanan publik bisa menempatkan diri dengan menggunakan bahasa isyarat agar tidak lagi kesulitan memberi keterangan bagi penyandang disabilitas tuna rungu,” jelasnya

Lebih lanjut narasumber dari perkumpulan Bahasa Isyarat yang berkantor di Surabaya, memberikan pelatihan singkat mulai dari pengenalan huruf dari A sampai Z. Begitu juga mempraktekan gerakan jari dan gerakan tangan sebagai bahasa isyarat.

“Semua dijelaskan pelatih mulai dari pengenalan alphabet sampai dengan mengenalkan bahasa percakapan yang setiap digunakan,” imbuh Adi Prasetyo kepada beritalima.com

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait