Bakal Menyiapkan Cold Storage Hasil Pertanian Kapasitas 100 Ton, Bupati Buat Takjub PTHKTI Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kabupaten Malang menjadi kawasan dengan pemilik pengelola holtikultura terbesar di Jawa Timur dengan lahan yang subur, hal ini jika dikelola dengan tepat akan menyumbang kemakmuran yang besar bagi warga.


“Pemerintah Kabupaten Malang melihat ini sebagai sebuah peluang ekonomi bagi warganya sehingga, perlu dilakukan pendampingan dari segi pengelolaan dan pasar,” ujar Bupati Malang H.M Sanusi M.M saat membuka Pengukuhan Reposisi Kepengurusan DPP perempuan tani HKTI Jawa timur serta pelantikan bersama DPK perempuan tani HKTI Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu Selasa, (22/9/2020)


Menurutnya pembinaan serta pendampingan para petani mulai dari masa tanam, masa panen, hingga pasar menjadi prioritas progam Pemkab Malang, bahkan untuk menangani masalah overload yang dipicu tradisi bercocok tanam secara bersamaan, yang memicu turunnya harga hasil pertanian akibat surplus hasil panen di pasaran akibat masa panen yang bersamaan.


” Pemkab malang telah menyediakan tempat penyimpanan hasil pertanian yang mampu mencegah hasil panen agar tidak membusuk dengan kapasitas 100 ton di wilayah Karangploso” jelas Bupati,  di sela-sela giat pengukuhan DPK perempuan tani HKTI di Pendopo Peringgitan Kabupaten Malang.


Dr Lia Istifhama M.E.I ketua DPP Perempuan tani HKTI Jawa Timur mengaku takjub dengan program pertanian di kabupaten malang serta berharap kedepan Pemkab malang juga dapat bersinergi dengan DPK perempuan tani HKTI Kabupaten Malang yang baru saja di kukuhkan.
”Apalagi, Pak Bupati Malang sangat inovatif. Menyediakan tempat penyimpanan kapasitas 100 ton bisa mengatur keseimbangan pasar antara supply-demand. Saya yakin, pemikiran progresif Pak Bupati sangat signifikan mempertahankan Malang sebagai salah satu pusat Holtikultura di Indonesia. Secara tidak langsung, hasil pertanian Malang merupakan bagian penting menjaga ketahanan pangan nasional, apalagi saat Pandemi Covid 19,” tandasnya. 


Pelantikan Malang Raya yang berlangsung pada 22 September lalu, memutuskan Yuliana Riamah sebagai Ketua DPK Kab Malang, Mardi Setia Ningsih Ketua DPK Kota Batu, dan Jumiati Ketua DPK Kota Malang. Sedangkan DPP PTHKTI Jatim sendiri, dilantik oleh Ketua Umum Dian Novita Susanto, M.Si Oktober 2019 lalu. (ed)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait