Bakesbangpol Gelar Pembinaan Keuangan Parpol Yang Bersumber Dari Hibah

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka meningkatkan pemahaman partai politik (Parpol) mengenai bantuan keuangan terkait dengan penggunaannya maupun pertanggungjawaban, Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menyelenggarakan pembinaan penatausahaan keuangan Parpol, Kamis 7 Desember 2023.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun, melalui Kabid Poldagri dan Ormas, Robani, mengatakan, Parpol merupakan infrastruktur yang menjadi hulu dari sistem politik yang berperan sangat besar dalam produksi kader pimpinan pada lembaga legislatif dan eksekutif.

“Sehingga sangat mempengaruhi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara secara nasional maupun lokal. Oleh karena itu saya berharap Parpol kedepan semakin aktif untuk melaksanakan kegiatan pengkaderan dalam rangka mempersiapkan kadernya menjadi pemimpin di legislatif maupun regenerasi kepemimpinan di Parpol itu sendiri,” ucap Robani.

Selain untuk pembinaan pengelolaan keuangan, paparnya, kegiiatan ini juga untuk mendorong Parpol meningkatkan perannya melalui pendidikan politik dalam rangka meningkatkan partisipasi politik masyarakat yang lebih berkualitas.

“Moment pembinaan Parpol ini sekaligus untuk mengingatkannya agar mengedepankan nilai etika dan demokrasi dalam pelaksanaan Pemilu agar diperoleh wakil wakil rakyat maupun pemimpin negara dan pimpinan daerah yang terbaik,” terangnya.

Menurutnya lagi, Pemerintah dalam rangka memperkuat sistem dan kelembagaan partai politik, telah memberikan bantuan keuangan kepada Parpol yang mendapat kursi di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota setiap tahunnya, yang perhitungannya berdasarkan jumlah perolehan suara.

Sedangkan penggunaan bantuan keuangan Parpol, diprioritaskan untuk pendidikan kader dan operasional sekretariat partai.

Robani juga menjelaskan, pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Madiun telah mengalokasikan dana bantuan keuangan Parpol. Dengan harapan Parpol dapat memanfaatkan hibah bantuan keuangan sesuai dengan prioritas yang telah ditetapkan.

“Laksanakan pengkaderan anggota Parpol secara berjenjang dan berkelanjutan,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bakesbangpol juga menghadirkan narasumber dari BPKAD, Ulal Musri, dan dari Inspektorat, Bagus, dengan dipandu moderator, Krisbiyanto. (Dibyo).

Ket. Foto: Robani (nomor 2 dari kiri) bawah.

beritalima.com

Pos terkait