Bakesbangpol Kabupaten Madiun Sosialisasikan Tentang Bahaya Radikalisme

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka mencegah munculnya gerakan radikalisme di kalangan pelajar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menyelenggarakan sosialisasi “Wawasan Kebangsaan dan Pencegahan Bahaya Radikalisme Bagi Kalangan Pelajar”, di Hotel Setia Budi, Jumat 1 Desember 2023.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 siswa SMA/SMK/MAN di Kabupaten Madiun dengan tema “Merawat Kebhinekaan Untuk Menangkal Radikalisme Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia” ini, dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Mashudi.

Dalam sambutannya, Mashudi mengatakan, radikalisme merupakan salah satu ancaman bagi keutuhan NKRI. Sehingga perlu diwaspadai keberadaannya sejak dini.

“Semoga kegiatan ini mampu menjadi ujung tombak, dalam mensosialisasikan akan bahaya radikalisme di kalangan pelajar,” harap Mashudi.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung Paskibraka asal Kabupaten Madiun yang sukses ‘menembus’ Istana Negara dan tingkat Provinsi dalam upacara HUT RI ke-78 bulan Agustus, lalu.

Ia juga mengungkapkan perasaan bangganya kepada anggota Paskibraka asal Kabupaten Madiun, sekaligus mengucapkan terima kasih karena atas peran serta mereka, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023 dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Saya merasa bangga pada kalian semua yang telah sukses mengemban tugas sebagai petugas pengibar bendera merah putih. Semoga dharma bakti kalian menjadi kesuksesan kalian di masa depan,” ucap Mashudi.

Sementara itu, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Kabupaten Madiun, Krisbiyanto, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan agenda rutin tahunan yang memiliki tanggungjawab dalam rangka untuk melakukan pencegahan sejak dini tentang bahaya radikalisme yang ada saat ini yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

“Hal ini sejalan dengan perkembangan anak menjelang remaja, dimana masa remaja merupakan sosok generasi yang ingin mencari identitas diri, sehingga tidak menutup kemungkinan sangat mudah untuk dipengaruhi dan terbawa oleh pengaruh lingkungannya,” kata Krisbiyanto

Ia berharap, melalui sosialisasi ini, mampu membentuk karakter dan mental para pelajar, untuk tidak mudah terpengaruh dengan paham radikalisme, baik lingkungan, sekolah, maupun keluarga.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun juga menyerahkan sertifikat dan uang pembinaan kepada Paskibraka Nasional kepada anggota Paskibraka tingkat Nasional Tahun 2023 asal SMAN I Geger, Wira Yuda.

Selain Kepala Bakesbangpol dan Kabid Ideologi dan Wawasan, acara ini juga menghadirkan narasumber dari Kodim 0803/Madiun, Mayor Timbul, dengan dipandu moderator, Hestu W. (Dibyo).

Ket. Foto: Mashudi (kiri) atas.

beritalima.com

Pos terkait