Balap Liar Resahkan Warga Situbondo, Puluhan Motor Terjaring Razia Polisi

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Bertepatan dengan malam tahun imlek 2571 kongzii, puluhan sepeda motor diamankan oleh Satlantas Polres Situbondo saat menggelar razia balap liar di empat lokasi berbeda yaitu jalan Argopuro, jalan Ahmad Yani, jalan PB. Sudirman dan desa Panji Lor (simpang 4 talang) sabtu dinihari (25/01/2020).

Kedatangan Polisi ke lokasi membuat kaget para pemuda namun berkat kesiapan petugas kelompok pemuda yang diduga akan balap liar tidak bisa berkutik.

Puluhan motor yang diamankan setelah dilakukan pemeriksaan baik kelengkapan surat pengemudi SIM, STNK dan juga kelengkapan kendaraan TNKP (plat nomor), kaca spion, ban dan knalpot.

“Razia ini merupakan tindak lanjut keresahan dan laporan dari masyarakat utamanya Panji Lor yang merasa tidak nyaman. Karena terganggu oleh sekumpulan anak pemuda yang mengendara motor secara ugal-ugalan juga banyak yang tidak ada lampu.selain suara bising yang mengganggu, aktifitas kebut – kebutan dan tidak menyalakan lampu sangat membahayakan bagi pengendara lain,” Ucap Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Hendrix K. Wardhana, S.H., S.I.K., M.H yang memimpin langsung razia.

Tak butuh waktu lama, sekitar satu jam dilakukan penyisiran di lokasi, petugas mengamankan puluhan sepeda motor yang tidak sesuai spektek / standar dan menggunakan knalpot brong serta beberapa pengendara belum memiliki SIM.

“Puluhan sepeda motor dan pengendaranya yang rata – rata masih ABG ini kami bawa ke Mapolres untuk dilakukan pembinaan agar mereka sadar akan bahaya dari menggunakan motor yang tidak sesuai standar,“Kata AKP Hendrix.

Kasat Lantas menambahkan selain diberikan sangsi berupa tilang sebagai efek jera, bagi mereka yang ingin mengambil motor diwajibkan menunjukkan surat-surat lengkap dan mengembalikan sepeda motornya dengan spesifikasi standar yang sesuai ditetapkan.

“Kami berikan tilang untuk pelanggarannya dan untuk pengambilan motor yang kami amankan, kami wajibkan membawa surat – surat lengkap dan mengembalikan spesifikasi kendaraan seperti kenalpot, ban dan spion sesuai yang sudah di tetapkan,” Jelasnya.

Dalam Razia tersebut Kasat lantas bersama anggotanya juga memberikan pembinaan kepada klub motor yang berkumpul di alun-alun Situbondo mengimbau agar tertib dalam berlalu lintas dan tidak terlibat dalam balap liar karena sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara bahkan berujung kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *