Bamsoet Buka Turnamen Catur Cepat, Utut Tidak Pasang Taget Buat Irene dkk

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) membuka Turnamen Catur Indonesia Master memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menpora di Lobby Nusantara V Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6).

Turnamen catur cepat ini diikuti 50 pecatur yang bakal tampil pada kejuaraan dunia di Rusia minggu depan, SEA Games Mnyanmar Nopember 2021 dan PON Papua tahun ini. Selain disediakan Piala Bergilir Keetua MPR RI juga ada Piala tetap Menpora serta hadiah uang total Rp 105 juta.

Mereka dari 4 Grandmaster (GM), 20 Master Internasional (MI), 6 atlit putri Pelatnas SEA GAMES, atlit catur junior rising star, dan beberapa atlit perwakilan provinsi se-Indonesia hasil seleksi/kualifikasi antara lain GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, GM Novendra Priasmoro, Women Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia, Master Internasional (MI) Mohamad Ervan, MI Yoseph Theolifus Taher, MI Sean Winshand Cuhendi, MI Farid Firmansyah, MI Muhammad Lutfi Ali, dan MI Danny Juswanto.

Turut serta pecatur dari kelas Women International Master (WIM) yang menjadi atlet Pelatnas Sea Games 2021, antara lain WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, WIM Ummi Fisabilillah, WIM Shanti Nur Abidah, dan WIM Dita Karenza.

“Penyelenggaraan turnamen catur ini merupakan kali ke-empat yang saya selenggarakan selama memimpin DPR dan MPR. Bahkan saat di DPR, sempat mendapatkan rekor MURI dengan peserta terbanyak mencapai 1.300 peserta. Turnamen kali ini juga tidak kalah spesial, karena diikuti para bintang catur Indonesia,” ujar Bamsoet.

Dijelaskan, turnamen ini digelar kerjasama MPR RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PB Percasi. Sebagai wujud gotong royong memajukan olahraga catur, sekaligus memajukan peradaban bangsa. Mengingat konstruksi peradaban juga dibangun oleh nilai-nilai moralitas yang dijunjung tinggi dalam dunia olahraga, yaitu sikap sportif dan fairplay.

“Selaras dengan slogan olahraga catur, yaitu gens una sumus (kita satu keluarga), yang juga masih satu tarikan nafas dengan visi kelembagaan MPR sebagai rumah kebangsaan, rumah bagi beragam aspirasi dan arus pemikiran, dan tentunya juga rumah bagi pengembangan dunia olahraga di tanah air,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto memandang, selain merepresentasikan kepedulian MPR RI terhadap perkembangan olahraga catur, penyelenggaraan turnamen ini juga bertujuan mendukung peningkatan prestasi catur nasional, sehingga menjadi olahraga yang terus mengharumkan nama bangsa di mata dunia.

Kegiatan ini sekaligus menjadi persiapan bagi GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, dan Master Internasional Mohamad Ervan menghadapi Piala Dunia Catur 2021 yang digelar di Rusia Juli-Agustus 2021.

Utut mengaku, Kejuaraan Dunia itu sangat berat karena diikuti pecatur-pecatur terbaik di negara masing-masing. Karena itu, PB Percasi tidak memasang target buat Irene dkk kecuali tampil maksimal mengharumkan nama bangsa dan negara. “Ini kali peertama Indonesia turun dengan empat pecatur,” demikian Utut Adianto. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait