Dengan Bangga, Bakamla RI Tuntaskan Operasi Nusantara I – VII

  • Whatsapp

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. menyampaikan hasil capaian Operasi Nusantara I – VII pada kesempatan kunjungan ke salah satu stasiun televisi, Kamis (22/9/2016).

Bakamla RI dalam melakukan tugasnya yaitu melakukan patroli di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, secara kontinyu melakukan operasi baik di laut maupun di udara. Untuk operasi laut yang dijalankan, menggunakan sandi Operasi Nusantara dan per periode September 2016 telah berhasil menyelenggarakan Operasi Nusantara I – VII yang berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

Secara kuantitas penanganan perkara tindak pidana di laut yang dilakukan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) pada tahun 2016 hingga 19 September 2016 naik sebesar 300% dari target sebanyak 15 pekara yang direncanakan. “Jumlah perkara yang berhasil ditangani sebanyak 45 perkara dengan status P21 8 perkara, SP3 15 perkara, dalam proses 17 perkara, serta yang belum ditindaklanjuti sebanyak 5 perkara”, imbuh Kepala Bakamla RI.

“Hal ini merupakan buah manis dari kerja keras dan koordinasi yang baik dengan para stakeholder terkait. Bakamla RI harus melakukan tugas yang besar dengan sumber daya yang terbatas. Dengan demikian kedekatan dengan stakeholder harus dibina” ujarnya. “Patroli surveillance system (sistem pengawasan) juga gencar dilakukan melalui Pusat Informasi Maritim Bakamla RI. Jadi hal ini merupakan rantai kesinambungan yang harus dijaga kestabilannya,” tambah Pati berbintang 3 tersebut.

Jenis perkara yang ditemui dalam Operasi Nusantara I – VII beragam, dari mulai dokumen kapal dan pelayaran yang tidak lengkap, dugaan melakukan illegal fishing, sampai dengan kasus penyelundupan barang dan dugaan penyelundupan manusia dengan modus mempekerjakan anak buah kapal (ABK) asing tanpa dokumen yang sah.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan Operasi Nusantara VIII. Diharapkan prestasi yang membanggakan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder terkait yang telah mendukung Bakamla RI dan berkontribusi dalam mengamankan lautan nusantara”, ujar Kepala Bakamla RI saat mengakhiri kunjungannya.

Sebelum berpamitan Kabakamla RI melakukan tukar menukar cindera mata dengan Wapemred tv one Totok Suryanto, serta Indriarto dan Ecep S. Yasa yang masing-masing menjabat sebagai Senior Manager dan General Manager dari TV swasta nasional tersebut.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *