Banjir Rendam Ribuan Rumah di Tiga Kecamatan Jember

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Banjir merendam tiga Kecamatan di Jember, diantaranya Kecamatan Semboro, Tanggul dan Sumberbaru.

Dari kecamatan itu, menurut Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember hasil assesment sementara, terdapat tujuh desa di tiga kecamatan.

Bacaan Lainnya

Diantaranya Desa Pondok Joyo, Sidomulyo, Sumberagung dan sebagainya. “Data yang masuk sudah sekitar seribuan lebih rumah,” Kata Faruq salah satu anggota BPBD Jember, Kamis (11/11/2021).

Faruq menyebut, banjir tujuh desa itu, diantatanya Desa Pondok Joyo saja 554 KK (Kepala Keluarga) dan Pondok Dalem 120 KK, Sidomulyo 200 KK, sisanya didesa lainnya, itu desa sementara yang diterima.

Untuk ketingian air, Faruk menyampaikan, rata rata hingga siang hari ini antara 40-70 centimeter, yang masuk ke rumah pemukiman warga.

Selain itu, banjir luapan air sungai itu juga terdampak pada area perkebunan serta tambak ikan.

Atas bencana itu, Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman juga meninjau lokasi banjir, seperti di Kecamatan Semboro.

“Terpenting sekarang, didahulukan membuat dapur umum. Semua lini harus bersinergi dengan baik, antara BPBD Jember dan Tagana juga,” Kata Wabup di Balai Desa Pondok Joyo, Semboro.

Wabup tinjauan Wabup kali ini, dibeberapa titik yang sangat parah dan memiliki ketinggian lumayan tinggi, seperti di Desa Sidomulyo dan Pondok Joyo.

“Kami keliling di beberapa titik banjir, yaitu di Kecamatan Semboro, Sumberbaru dan Tanggul,” Imbuhnya.

Sedangkan dilokasi, mulai pagi hingga siang masih berlangsung hujan, termasuk di beberapa wilayah kecamatan lain di Jember.  (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait