Banyuwangi Diserbu Berbagai Alutsista Asing

  • Whatsapp
Alutsista dari negara asing berdatangan di Banyuwangi

Banyuwangi, beritalima.com |– Dermaga Tanjung Wangi di Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, beberapa hari terakhir ini disibukkan dengan diserbu kedatangan alat utama sistem senjata (alutsista) canggih dari negara asing (13/8). Ada apa gerangan?

Ternyata akan ada Latihan Gabungan Militer Bersama (Latgabma) multi nasional Super Garuda Shield (SGS), yang melibatkan banyak negara dan akan berlangsung pada akhir Agustus hingga awal September 2024. Latgabma SGS merupakan latihan militer terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Dan, yang terlihat kesibukan belakangan ini di Banyuwangi adalah kehadiran alutsista milik militerAmerika Serikat (AS). Latihan militer berskala internasional ini disamping akan diikuti oleh  TNI, juga dari militer negara sahabat seperti Jepang, Australia, Korea Selatan, Kanada, Jerman, Selandia Baru, Belanda, dan lain-lain.

Dengan diangkut Kapal MV Cape Husdon berbendera AS, sejumlah kendaraan militer diturunkan dari dalam kapal termasuk helikopter tempur dan angkut milik militer. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, menyebut Latgabma SGS merupakan latihan militer multilateral yang digelar rutin tiap tahun oleh TNI bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat serta melibatkan pasukan dari negara sahabat.

“Dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan proses debarkasi material US Army tersebut, atas petunjuk pimpinan, kami kerahkan prajurit Lanal Banyuwangi beserta unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) KAL Rajegwesi II-5-40, KAL Sembulungan II-5-42, RHIB dan RBB untuk melaksanakan pengamanan di Area Dermaga Tanjung Wangi dari H-1 hingga selesai kegiatan,” tambahnya.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait