Bau Busuk Limbah RPH Panarukan Diprotes Warga

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Limbah kotoran dari Rumah Potong Hewan (RPH) yang terletak didesa Sumberkolak kecamatan panarukan Situbondo dikeluhkan warga karena bau yang cukup menyengat.

Bahkan keluhan tersebut sempat ramai dimedia sosial yang diposting oleh akun Khanjeng dhoso karena limbah kotoran sapi meluber hingga keselokan, sejumlah komentar keluhan muncul dalam postingan tersebut,”Bau Banget kalau lewat disitu,”Celoteh akun Syaiful Rahman.

Banyaknya komentar keluhan negatif dari Netizen membuat Kepala Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo Kholil, SP, MP, juga turut berkomentar, bahwasannya DLH sudah pernah melakukan komunikasi dengan Dinas peternakan,”Kita sudah komunikasikan dengan Peternakan, dan akan segera ditindak lanjuti,”Janjinya.

Fauzan Mistari atau Bronto Seno sebagai pegiat lingkungan hidup dari Perkumpulan Hijau Daun Jati langsung melakukan investigasi terkait keluhan warganet, dirinya menyesalkan adanya kotoran sapi yang di buang langsung ke saluran air.

“Kami sangat menyayangkan Kondisi saluran air sangat bau, jika kemudian ada air hujan tentunya ini akan mencemari hingga kelingkungan warga, kami dari Hinau Daun Jati, akan meminta penjelasan ke Dinas peternakan, apakah semua RPH di situbondo telah dilengkapi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),”Ucapnya sambil geleng – geleng kepala.

Saat di konformasi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Situbondo, drh, M Hasanuddin Riwansiah sedang berada diluar kota dan mempersilahkan awak media untuk konfirmasi ke kepala bidang.

Namun saat awak media Beritalima mendatangi kantor Dinas Pertanian, Kabid yang bersangkutan sedang ada rapat di Kantor Pemkab Situbondo, salah satu staff peternakan yang enggan disebut namanya mengatakan, saat ini sedang dilakukan pembersihan dilokasi oleh petugas RPH.

“Saat ini petugas RPH sedang melakukan pembersihan, mengenai IPAL sebenarnya sudah ada, namun entah bagaimana itu bisa sampai keluar hingga ke saluran Air, sebaiknya ailahkan konfirmasi ke Bu Kabid atau ke Bapak langsung,”Jelasnya sambil menunjukan foto – foto petugas melakukan pembersihan.
(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *