Becak Motor Untuk Pak Taryo

  • Whatsapp

oleh Masquita Pragistari

Beritalima.com | Ditemani becak tua peninggalan kakaknya yang telah tiada, bersama semangat hari tua dan tanpa alas kaki ia menyusuri
jalanan pasar mendorong becaknya mencari pedagang yang ingin menyewa jasanya demi sesuap nasi.

Pak Taryo, ialah seorang penyedia jasa becak keliling di Pasar Lembang, Sudimara Barat, Ciledug, Tangerang, Banten. Di pinggir jalanan pasar seluas 2 hektar itu Pak Taryo sedang duduk lusuh sambil memandang tumpukan buah pisang di becaknya bersama peluh setelah hampir 10 jam mengelilingi pasar.

“Capek sekali tiap hari muter pasar, apalagi saya kan sudah tua tenaganya beda sama waktu muda. Mau modifikasi becak jadi becak motor tapi gapunya uang buat beli motor, apalagi modifikasinya itu kan biayanya gak murah, wong saya nyari uang buat makan aja susah” ujar Pak Taryo.

Keterbatasan ekonomi membuat hari tua Pak Taryo harus berhadapan dengan peluh, demi anak isteri dan kebutuhan hidup setiap hari. Kakinya ia gunakan mengayuh pedal yang membawanya menyusuri pasar yang ramai, sesekali ia membasahi tenggorokannya dengan sebotol air mineral, baginya air mineral sudah cukup mengembalikan tenaganya kembali. Pak Taryo sudah memiliki langganan sehingga ia akan mendatangi toko pelanggannya, setelah semua barang langganannya telah diantar, ia akan mencari pedagang lain yang ingin menggunakan jasanya, “itung itung tambahan uang biar bisa beliin sepatu sekolah anak, dia udah ngerengek minta sepatu setiap bapaknya pulang,” ujar Pak Taryo.

Pak Taryo tetap bersyukur meskipun dengan pelanggan yang tidak menentu, membuat pendapatannya juga tidak menentu, menurutnya sedikit keuntungan yang didapatkan sudah sangat cukup untuk menghidupi keluarganya, setidaknya cukup membut dapur ngebul tiap hari

Kini harapan Pak Taryo hanya satu, ia ingin memiliki motor agar dapat digabungkan dengan becaknya dan sejumlah uang untuk memodifikasi motornya agar ia tidak mudah lelah di tengah hari tuanya sehingga pendapatannya pun dapat lebih besar.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *