BEI: Jumlah Pertumbuhan Investor Saham Baru Meningkat Pesat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi, mengatakan, jumlah pertumbuhan investor saham baru meningkat pesat di tahun 2021 ini. Dalam waktu 8 bulan saja, yakni selama periode Januari sampai Agustus 2021, BEI mencatat ada tambahan hingga 1 juta investor saham baru di Pasar Modal Indonesia.

Menurutnya, penambahan angka itu merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Pasar Modal Indonesia. Peningkatannya hampir dua kali lipat dari pencapaian tahun 2020 yang hanya 590.658 investor saham baru. Sehingga, dengan penambahan itu per 31 Agustus 2021 telah tercapai 2.697.832 jumlah single investor identification (SID) saham.

Menurut Inarno, fokus Self Regulatory Organization (SRO), yang terdiri dari BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengakselerasi transformasi digital pada 2019 dan 2020 telah berdampak positif bagi pencapaian Pasar Modal Indonesia tersebut.

Perolehan itu sejalan dengan arahan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen pada akhir tahun lalu. Pada kesempatan itu, Hoesen menyatakan perlunya melanjutkan pengembangan pasar modal yang berkelanjutan melalui inovasi yang visioner dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seiring dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pengembangan tersebut antara lain dapat diimplementasikan pada berbagai fitur dan layanan‘mesin perdagangan ’BEI, media interface investor yaitu aplikasi online trading milik Anggota Bursa, serta edukasi secara masif melalui media sosial, social media influencer, komunitas, dan kelas- kelas Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dilaksanakan secara daring.

Menurut Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, beberapa rekor yang tercapai sepanjang tahun lalu diantaranya adalah peningkatan jumlah SID saham maupun SID pasar modal, peningkatan jumlah investor yang aktif bertransaksi, dan peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi. Dan nilai transaksi, bahkan kepemilikan saham tahun ini yang semakin didominasi oleh investor domestik.

Dikatakannya, berbagai pencapaian tersebut bukan suatu kebetulan. Sepanjang tahun ini, per Juli 2021 telah dilaksanakan 3.991 kegiatan literasi, inklusi, aktivasi, dan pendalaman pasar modal yang dilakukan dalam kelas tatap muka serta kelas daring dengan total 600.622 peserta. Selain itu per Agustus 2021 sebanyak 22 Perusahaan Efek Anggota Bursa telah menerapkan program simplifikasi pembukaan rekening efek. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait