Bener Meriah Panen Perdana Klaster Bawang Putih

  • Whatsapp

Foto :  Panen perdana bawang putih di Kampung Bener Pepannyi, Kecamatan Permata,

 
Bireuen,Beritalima – Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh beserta Deputi Gubenur Bank Indonesia (BI) melakukan panen perdana bawang putih di Kampung Bener Pepannyi, Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah.
        Panen perdana program pengendalian inflasi BI tersebut turut dihadiri Forkopimda, perwakilan deputi BI Sumatra, perwakilan BI Aceh, perwakilan BI Lhoseumawe dan seluruh pimpinan perbankkan Aceh, Balai Pertanian Kecamatan Permata, Reje Kampung, Tokoh Masyarakat Bener Pepanyi, Kelompok Tani Rintis Bener Pepanyi.
        Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh dalam kesempatan itu meminta agar BI Lhokseumawe untuk melakukan penanaman bawang putih kembali di lokasi yang sama pada bulan Nopember, sehingga hasil yang akan diperoleh melebihi panen yang dilakukan saat ini.
        “Saya melihat kualitas buah sangat kecil, ini faktor tidak adanya turun hujan dan angin. Namun saya berharap BI Lhokseumawe mau melakukan penanaman bawang putih pada bulan Nopember ini. Saya yakin buah dari bawang putih ini akan jauh lebih baik dari sekarang,” kata Drs. H. Rusli M Saleh.
        Selain itu Rusli juga agar tidak ada lagi kegiatan pembakaran hutan dan meminta agar masyarakat mengelola lahan milik masyarakat yang selama ini ada.
  “ Tolong jangan lagi membakar hutan, perbaikilah lahan-lahan yang sudah ada, sehingga hutan Bener Meriah ini akan tetap terawat,”pintanya.
        Sementara itu Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto dalam kesempatan itu mengapresiasi Pemkab Bener Meriah atas kerjasamanya dengan BI dalam rangka untuk memajukan perekonomian masyarakat.
        “Kami menyambut baik apa yang diutarakan Bupati Bener Meriah. Saya rasa ini adalah kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan perbankkan,” kata Erwin Rijanto sembari menambahkan bahwa bawang putih di Kabupaten Bener Meriah dapat dikembangakan, hanya saja tinggal menambah perluasan hektar, sehingga hasilnya akan semakin bertambah.
        Menurut Erwin Rijanto sepengetahuannya Bener Meriah adalah daerah yang terkenal penghasil bawang putih, dan kita akan kembalikan kejayaan itu, dengan cara penambahan lahan .
        Selain itu Deputi Gubernur BI memberikan bantauan Hand Traktor Yanmar kepada kelompok tani perintis Pepanyi yang ada di Kampung Bener Pepanyi Kecamatan Permata, serta bantuan pembanguan Menasah Al-Ikhlas kampung yang sama.
        Bantuan  bantuan Hand Traktor Yanmar kepada kelompok tani perintis Pepanyi  dan bantuan pembangunan pembangunan Masjid Al Ikhlas diserahkan langsung oleh Deputi Gubernur BI kepada ketua kelompok disaksikan Plt Bupati Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh. (
Suherman Amin) 
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *