Berkat Dua Inovasi, Pemkab Bondowoso Raih Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar saat menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Kabupaten Bondowoso menjadi salah satu dari empat wilayah di Jawa Timur, yang memperoleh penghargaan dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (23/9/2021).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Khofifah saat meluncurkan program ‘Kecamatan Cettar untuk Jatim Bangkit’ dalam forum inspirasi Jawa Timur, yang dihelat di Hotel Harris Gubeng, Kota Surabaya, Kamis (23/9/2021).

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat menerangkan, penghargaan diberikan karena Bondowoso dinilai berhasil melahirkan dan melaksanakan inovasi-inovasi yang berdampak pada peningkatan kualitas layanan dasar, pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan.

Adapun inovasi dari Kabupaten Bondowoso yang dinilai telah teruji mampu meningkatkan kualitas pelayanan dasar kepada masyarakat. Yang pertama adalah aplikasi Sistem Informasi Ibu dan Bayi (SIBUBA).

Aplikasi tersebut membantu Pemerintah Kabupaten Bondowoso menekan angka kematian Ibu.

” Kemudian inovasi ke dua adalah program inovasi gerakan Tanggap Peduli Warga Miskin (TAPE MANIS),” katanya.

Ia menerangkan, ke dua inovasi ini merupakan gerakan respon cepat pemerintah daerah dalam penanganan warga miskin yang akan mendapatkan akses pelayanan dasar.

Mulai dari kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, dan pelayanan administrasi kependudukan.

“Semua berbasis desa melalui program SAID,” tuturnya.

Dilanjutkan oleh Wabup Irwan, bahwa program-program tersebut dirancang sangat sederhana berbasis android. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses dalam bentuk pengaduan.

Seluruh inovasi ini, katanya, merupakan hasil kolaborasi Pemprov Jawa Timur termasuk Bondowoso dengan Program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat Pelayanan untuk kesejahteraan) yang merupakan kemitraan Pemerintah Indonesia dan Australia.

Kolaborasi ini dimulai sejak 2015 dan bertujuan untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan melalui perbaikan akses dan kualitas layanan dasar, peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin dan rentan di tujuh propinsi termasuk Jawa Timur.

Informasi dihimpun, selain Bondowoso, penghargaan juga diberikan kepada kabupaten Bondowoso, Pacitan, Lumajang, dan Trenggalek.

Ke empat kabupaten selanjutnya menyampaikan inovasi-inovasi tersebut dengan menjadi narasumber dalam “Forum Inspirasj, Kecamatan CETTAR untuk Jatim Bangkit”.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait