BI Jatim Konsisten Dorong UMKM Tembus Pasar Global

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya mengurangi defisit transaksi berjalan, Bank Indonesia secara konsisten berperan aktif dalam mendorong akselerasi ekspor, termasuk ekspor produk UMKM.

Upaya tersebut tentunya tidak mudah, mengingat terdapat beragam tantangan bagi UMKM untuk mampu diterima di pasar luar negeri.

Difi Ahmad Johansyah selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur mengemukakan, BI ingin menanamkan mindset kepada UMKM bahwa menembus pasar global bukanlah suatu hal yang mustahil.

Untuk itu BI Jatim melakukan berbagai program untuk memfasilitasi UMKM agar mampu menembus pasar luar negeri.

“Sebanyak 11 UMKM mitra BI se-Jawa Timur dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Malang dan Kediri telah bekerjasama dengan importir asal Singapura, Anapana” ungkap Difi, Rabu (11/9/2019).

Fasilitasi kerjasama oleh BI Jatim tersebut telah membuka peluang pasar bagi UMKM Jawa Timur untuk berekspansi ke pasar global. Tidak hanya Singapura, namun juga ke negara-negara lain seperti Hongkong dan Kanada.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh Muhammad Oskar selaku Ketua Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Jawa Timur. Oskar menuturkan, sinergi BI Jatim dengan Forum IKM telah dilakukan sejak tahun 2018.

“Si Taraa atau Okantara, produk yang saya kembangkan, saat ini telah diterima baik di pasar Singapura,” kata Oskar.

Sinergi penguatan ekspor UMKM dengan menggandeng berbagai komunitas ini akan terus dilanjutkan, termasuk juga pendampingan pada UMKM agar mampu meningkatkan kapasitas dan kualitasnya untuk bersaing di pasar global.

“Kami ingin UMKM Jawa Timur bisa terus maju,” tandas Difi. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala KPw BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *