BI Jatim Siapkan Uang Pecahan Rp23,5 Triliun Untuk Ramadhan dan Lebaran

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Butuh uang pecahan buat lebaran? Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur menyiapkan sebanyak Rp23,5 triliun. Uang sebanyak itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Direktur BI Regional Jawa Timur, Syarifuddin Bassara, mengatakan, uang pecahan sebanyak itu akan didistribusikan ke 50 bank yang beroperasi di Jawa Timur pada awal Juni 2016 atau awal Ramadhan.

Uang tersebut terdiri atas pecahan besar senilai Rp20,2 triliun, dan pecahan kecil senilai Rp3,29 triliun. Pecahan besar mencakup nominal Rp20 ribu, Rp50 ribu, dan Rp100 ribu. Sedangkan pecahan kecil mencakup Rp10 ribu, Rp5.000, dan Rp2.000.

“Proyeksi kebutuhan masyarakat Jawa Timur tahun ini Rp23,5 triliun, sedangkan tahun lalu realisasinya Rp19,03 triliun, sehingga ada kenaikan 23,7 persen,” jelas Syarifuddin dalam acara BI Bincang Media, di Perpustakaan Bank Indonesia, Jalan Taman Mayangkara Surabaya, Kamis (26/5).

Menurutnya, adanya peningkatan kebutuhan uang pecahan pada tahun ini disebabkan antisipasi perbankan terhadap libur Lebaran yang mencapai sembilan hari. Uang tersebut akan disalurkan di mesin-mesin ATM selama bank libur.

“Yang paling tinggi permintaan masyarakat itu pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu, dari segi fisik lembaran maupun nilainya,” imbuhnya. (Ganefo)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *