BI NTT Siapkan Uang Tunai Rp2,2 Triliun Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp2,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Perwakilan BI NTT . Donny Heatubun, saat Media Gathering di Hotel Harper Kupang pada Kamis (7/12).

Donny Heatubun mengatakan uang yang disiapkan tersebut lebih besar daripada proyeksi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan sebesar Rp1,9 triliun. Proyeksi tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi penarikan uang pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,8 miliar.

“Peningkatan tersebut didasarkan pada pertumbuhan ekonomi di NTT yang masih positif. Peningkatan ekspektasi konsumsi masyarakat dan potensi mobilitas masyarakat yang lebih tinggi pada akhir tahun ini lebih tinggi jumlah uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia tersebut menunjukkan komitmen untuk senantiasa mendorong kelancaran sistem pembayaran dengan menyediakan kecukupan uang Rupiah kartal di masyarakat dengan nominal yang cukup pecahan dan denominasi yang sesuai serta dalam kondisi layak edar”, kata dia menambahkan.

Selain itu, Bank Indonesia juga bersinergi dengan perbankan di NTT untuk membuka layanan penukaran uang Rupian di 69 titik. Pembukaan layanan tidak hanya di Kota Kupang, namun juga mencakup pembukaan layanan penukaran perbankan di 5 (lima) pulau besar di Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Timor, Pulau Sumba, Pulau Flores, Pulau Alor dan Pulau Lembata.

Untuk mengetahui lokasi layanan tersebut masyarakat dapat mengakses website SELATAN-NKRI (Site Layanan Penukaran Perbankan Provinsi NTT) di http://bit.ly/Selatan-NKRI, Layanan penukaran tersebut tidak dipungut biaya, terbuka untuk umum dan tidak harus merupakan nasabah bank dimaksud.

Bank Indonesia selalu mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan berinvestasi dengan cermat. Bank Indonesia juga mendorong masyarakat merawat Rupiah guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP Rupiah).

KPW BI Provinsi NTT senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan
layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.(L. Ng Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait