Bias Rekrutmen Anggota KI Sumenp Yang diduga Sarat Kepentingan

  • Whatsapp
Syaiful Bahri, SH. Ketua Bidang Advokasi barisan relawan Jalan Perubahan (baraJP) Sumenep

SUMENEP, beritaLima – Setelah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPRD Sumenep akhir 2017 , hingga kini hasilnya masih berada di meja pimpinan DPRD Sumenep dan belum diserahkan ke eksekutif untuk dilakukan pelantikan.

Alasannya, masih banyak sorotan dari masyarakat karena tidak disertai skoring hasil fit and proper test.
”Uji kelayakan yang digelar Komisi I telah kami terima. Hanya saja sebagian peserta ada yang merasa keberatan, karena tidak ada skoring nilai,” kata Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma saat ditemui media beberapa waktu lalu.

Berbagai penafsiran pun silih berganti, berbagai komunitas/ Ormaspun menyoroti, termasuk bidang Advokasi Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARA JP) Kabupaten Sumenep, Syaiful Bahri, SH. menyayangkan sikap Ketua DPRD Sumenep yang belum menyerahkan hasil rekrutmen Anggota Komisi Informasi Kabupaten Sumenep periode 2017 – 2022.

Kalau memang sudah prosudural dalam perekrutan / Pemilihan anggota komisi Informasi, Kenapa Ketua DPRD Sumenep masih ada rasa takut untuk menyerahkan hasilnya ke eksekutif Malah berdalih akan diserahkan setelah berkonsultasi ke KI Pusat, “Wah…… Ada Apa Ini..?”, kata Syaiful Bahri pada Selasa (23/ 01/ 2018).

Pengacara muda ini menambahkan, Komisi informasi sudah jelas menangani informasi publik secara terbuka. Kalau dalam pemilihannya saja sudah bermasalah sarat dengan tanda tanya, “bagaimana nanti dengan kinerjanya”, jelas Ipung sapaan akrabnya.

Harapan kami, lanjut Ipung semoga hasil rekrutmen anggota Komisi Informasi sumenep segera diserahkan ke eksekutif dan tidak akan ada masalah atau kritikikan dari masyarakat seperti halanya pernyataan ketua DPRD Sumenep kepada media sebelumnya, “andaipun nantinya ada kritikan dari masyarakat selama itu bersifat membangun tak ada yang perlu ditakutkan”, pungkas Syaiful Bahri.

Untuk diketahui, sebanyak 12 peserta calon anggota Komisi Informasi (KI), Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPRD setempat akhir 2017 lalu. Hasilnya, komisi I memilih 5 orang sebagai anggota KIP.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *