Bincang Peluang Bonus Demografi Bersama Camat Manyar Dan Ketua Karang Taruna Gresik

  • Whatsapp
Camat Manyar Moh Nadlelah dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Gresik Ika Af Hidayat saa acara Pembinaan Karang Taruna se-Kecamatan Manyar, Kamis (25/11/2021).

GRESIK,beritalima.com- Bonus demografi di Indonesia saat ini harus dapat dioptimalkan sebaik mungkin terutama oleh generasi muda melalui wadah Karang Taruna.

Hal itu disampaikan Camat Manyar Mohamad Nadlelah saat memberikan pengarahan di acara pembinaan Karang Taruna se-Kecamatan Manyar dikantor setempat pada Kamis (25/11/2021).
Perlu diketahui, bonus Demografi, adalah potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk, dimana proporsi usia kerja lebih besar daripada proporsi bukan usia kerja.

“Peluang (Bonus Demografi) ini harus kita manfaatkan. Salah satunya yaitu melalui pembinaan karang Taruna,” ujarnya.

Menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi yang sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda, guna meningkatkan pendapatan/pertumbuhan perekonomian individu maupun Negara.
Lebih lanjut, Dia memaparkan, momentum bonus demografi yang saat ini, akan menjadi percepatan pendapatan/pertumbuhan ekonomi masyarakat dan negara,tetapi dengan syarat ditunjang berkualitasnya Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

Jika tidak, peluang peningkatan/pendapatan ekonomi masyarakat dan negara tidak akan terelasisasi. Justru malah menjadi beban bagi Negara, karena para usia produktif tidak punya peran ekonomi alias menganggur. “Jika tidak ditingkatkan kualitasnya, bonus demografi ini justru menjadi beban,” sambungnya.

Nadlelah juga menyarankan kepada Pemuda di Kecamatan Manyar untuk menguasai teknologi. Hal itu diera sekarang sangat penting. Mengapa? karena disitu banyak akses yang bisa dijadikan bisnis.

Dia Mencontohkan bagaimana banyak anak muda yang hanya berbekal menggunakan gadget mampu menjadi milyarder. Bukti kongkritnya adalah banyaknya pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya melalui marketplace online yang terbukti sukses. “Mudah-mudahan dengan wadah Karang Taruna bisa menciptakan kualitas anak muda yang siap berkarya,” harapnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Gresik Ika AF Hidayat diacara yang sama ikut menambahkan, jika pemuda di Kecamatan Manyar harus saling bersinergi dalam menyongsong bonus Demografi itu.

Untuk itu, dia meminta kepada pengurus Karang Taruna Kecamatan Manyar supaya saling bersinergi untuk membuat program yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pria yang juga bekerja menjadi jurnalis tersebut memaparkan jika di Kecamatan Manyar banyak industri yang bisa diajak berkoloborasi. Maka peran pengurus Karang Taruna adalah mampu menjembatani antara masyarakat dan perusahaan.
“Jangan sampai di Industri di Manyar yang banyak ini. Masyarakat tidak mampu mengaksesnya,”jelasnya.

Lebih lanjut, Ika Hidayat, menambahkan, peran pengurus Karang Taruna salah satunya menjadi agen edukasi bagi pemuda guna meningkatkan kualitasnya, sehingga mereka sudah siap bekerja di industri yang membutuhkannya.(Moh Khoiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait