BNPB Kembali Raih WTP, Achsanul.Qosasi Sampaikan Apresiasi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kementerian/Lembaga (K/L) 2020.

Opini terbaik ini disampaikan Anggota III BPK RI, Achsanul Qosasi saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan ( LHP ) atas laporan keuangan BNPB kepada Ketua BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito di gedung BPK RI Jakarta, akhir pekan ini.

Sedianya serah terima dilakukan di gedung BNPB. Namun, karena dalam kondisi pandemi agenda dialihkan ke gedung BPK RI.

 

Anggota III BPK RI, Achsanul Qosasi mengapresiasi kinerja BNPB dalam laporan keuangan sehingga bisa mendapatkan WTP sepuluh tahun terakhir. Kinerja ini dinilai luar biasa ditengah kesibukan penanganan pandemi Covid-19 dan bencana gempa bumi serta banjir, BNPB masih mampu menjalankan komitmen.

Komitmen itu adalah tertib administrasi, akuntabel, seperti penentuan opini WTP didasarkan pada kesesuaian dengan indikator yang telah ditentukan, pengungkapan informasi laporan keuangan yang jelas dan detail, sistem pengendalian internal lembaga terkait dan pelaksanaan anggaran yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

“BPK mengapresiasi BNPB karena transparansi dan akuntabilitas keuanganya luar biasa, dan sampai sekarang selalu meraih wajar tanpa pengecualiaan sepuluh kali berturut-turut.

Ini menunjukan laporan keuangan BNPB sudah sesuai dengan standar akuntasi pemerintahan yang ditetapkan BPK,” ujar Achsanul.

Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, mendapatkan opini WTP ini tidak lepas dari dukungan seluruh unsur yang terdapat di BNPB dan berkat pendampingan BPK.

“Sepuluh tahun berturut-turut BNPB mendapatkan opini WTP dari BPK berkat kontribusi Sestama, Irtama, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama serta pegawai BNPB. WTP juga tidak terlepas dari BPK yang senantiasa memberikan pendampingan dalam kegiatan di BNPB,” ujar dia.

 

Menurut Ganip, opini dari BPK ini adalah prestasi penting mengingat WTP menandakan kinerja yang baik dalam pengelolaan keuangan BNPB.

Dalam acara itu Achsanul didampingi Prof Bambang Pamungkas (Auditor Utama AKN III)
, Triantoro (Plt Kepala Auditorat AKN III)

. Dari pihak BNPB selain Ganip juga tampak Lilik Kurniawan (Sestama), Tety Saragih (Irtama), Dody Ruswabdi (Deputi 3) dan Prasinta Dewi (Deputi 5 BNPB).
(akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait