BPJAMSOSTEK Madura Bantu Tenaga Medis RSUD Syamrabu Bangkalan

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com | Sebagai rasa empati sekaligus untuk memberikan semangat pada petugas di garda depan dalam memerangi penyebaran virus Corona (Covid-19), BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Madura menaruh perhatian pada tenaga medis RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan.

BPJAMSOSTEK Cabang Madura memberikan bantuan berupa vitamin dan susu untuk tenaga medis di rumah sakit yang berada di Jalan Pemuda Kaffa No.9 Bangkalan ini. Bantuan tersebut diserahkan Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani, dan diterima Direktur RSUD Syamrabu, dr Nunuk, Selasa (7/4/2020).

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani, mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari dukungan pihaknya dalam penanganan Covid-19, di samping sebagai bentuk implementasi dari nilai budaya BPJAMSOSTEK, yakni kepedulian.

“Kami sangat peduli pada para pihak yang berjuang menghentikan penyebaran Covid-19, terlebih pada para tenaga medis yang berada di garda depan seperti tenaga medis RSUD Syamrabu,” ujar Dhyah dengan didampingi Kabid Umum & SDM BPJAMSOSTEK Cabang Madura, Yulian Himawanto.

“Harapan kami bantuan ini bermanfaat dan bisa mendongkrak semangat para tenaga medis RSUD Syamrabu dalam menangani pasien virus Corona atau Covid-19, sehingga jumlah korban di Indonesia tidak terus bertambah,” lanjut Dhyah.

“Kami juga berdoa semoga wabah ini dapat segera diatasi, sehingga kami dapat kembali melayani para pekerja dengan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Selama masa wabah Covid-19 ini, kata Dhyah, BPJAMSOSTEK Cabang Madura memberikan layanan melalui Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik). “Pemberlakuan Lapak Asik ini sebagai langkah preventif kami atas penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Disampaikan, layanan secara online itu sudah dimulai sejak 23 Maret 2020, serentak se-Indonesia sesuai arahan Direksi BPJAMSOSTEK. Dalam pelayanan ini, untuk klaim JHT peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui situs resmi di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah mendaftar, peserta diminta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi. Selanjutnya, petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp/sms atau telepon.

Jika peserta tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK, dan memasukan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.

Demikian pula untuk pengajuan klaim jaminan lainnya, juga diberlakukan metode Lapak Asik. Ini diterapkan untuk mengurangi interaksi langsung. “Dengan cara seperti ini kami harapkan dapat meminimalisir risiko penyebaran Covid-19,” terangnya.

Ditambahkan pula, untuk mendukung social distancing guna menghindari penyebaran Covid-19, pihaknya telah membuat jarak melalui tanda silang di kursi tunggu, menyediakan handsanitizer untuk peserta guna menjaga higienitas masing-masing, dan mengukur suhu tubuh peserta yang datang.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Protokol Lapak Asik, kata Dhyah, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo.

Sementara itu Direktur RSUD Syamrabu, dr Nunuk, menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian BPJAMSOSTEK Cabang Madura. Dia mengatakan, bantuan ini diyakini akan menambah semangat para tenaga medis di rumah sakit ini. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Madura, Dhyah Swasti Kusumawardhani (2 dari kiri), menyerahkan bantuan vitamin dan susu untuk tenaga medis RSUD Syamrabu Bangkalan, Selasa (7/4/2020)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait