BPJAMSOSTEK Surabaya Rungkut Sosialisasi Manfaat Program Pada Driver Gocar Instan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Surabaya Rungkut menggelar sosialisasi program dan manfaat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada Driver Gocar Instan Surabaya, Rabu (17/6/2020).

Sosialisasi pada pekerja bukan penerima upah (BPU) ini dilakukan di “Warung Ijo Kopi Tiada Henti” Surabaya, diikuti sekitar 75 Driver Gocar Instan Surabaya. Dalam kegiatan ini, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Rungkut, Rudi Susanto, dengan didampingi Kabid Kepesertaan Krisna Artha Prabawa, menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK kepada 2 Driver Gocar Instan Surabaya atas nama Nazarudin Hamidi dan Mas Trias Akbar.

Rudi Susanto mengatakan, dengan diberikannya sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini diharapkan seluruh Driver Gocar Instan sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, sehingga segera daftar.

Dikemukakan, pekerja yang berhak mendapat perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya pekerja penerima upah (PU) atau formal saja, tapi juga pekerja BPU atau informal seperti Driver Gocar Instan dan pekerja mandiri lainnya. Apalagi, lanjut Rudi, Driver Gocar Instan ini kategori rentan kecelakaan, karena kerjanya di jalanan.

Dengan iuran yang hanya Rp 16.800,- per bulan, Driver Gocar Instan yang daftar langsung mendapat perlindungan Jaminan Kecalakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Jelasnya, jika sampai mengalami musibah kecelakaan kerja, seluruh bea pengobatan dan perawatan di rumah sakit ditanggung sepenuhnya sampai sembuh oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Jika kecelakaan kerja tersebut berakibat meninggal dunia, santunan yang diberikan kepada ahli warisnya sebesar 48 x upah, dimana asumsi upah/pendapatan Driver Gocar Instan ini diperhitungkan sebesar Rp 1 juta per bulan. Namun jika meninggal dunia biasa, bukan karena kecelakaan kerja, santunan buat ahli warisnya Rp 42 juta.

Rudi mengatakan, siapapun tidak ingin mengalami musibah. Namun demikian, musibah bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Karena itu, tutur dia, perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sangat penting guna mencegah timbulnya keluarga miskin baru. Di samping itu, dengan adanya kepastian jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini, pekerja akan merasa lebih tenang saat bekerja, sehingga dapat lebih produktif. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Rungkut, Rudi Susanto (dua dari kiri), saat menyerahkan kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK pada 2 Driver Gocar Instan Surabaya, Rabu (17/6/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait