Budidaya Ikan Air Tawar Manfaatkan Saluran Pembuang : Pemuda Blang Cot Baroh Panen Ikan Lele 250 Kilogram

  • Whatsapp
Teks Foto : Para pemuda Blang Cot Baroeh memanen ikan lele dumbo yang dibudidayakan di saluran pembuang. (Suherman Amin)

Bireuen,Aceh, Beritalima
Untuk kedua kalinya Pemuda Gampong ( Desa ) Blang Cot Baroh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, memanen sekitar 250 kg ikan lele dumbo.
Yusrizal Koordinator Pemuda Blang Cot Baroh lepada wartawan kemarin menyebutkan, mereka membudidayakan ikan lele dumbo dengan memanfaatkan saluran pembuang air gampoeng dan Alhamdulillah sudah dua kali panen.
Dijelaskan, selama ini mereka memanfaatkan saluran yang telah dibangun pemerintah itu untuk peluang bisnis ikan air tawar dengan tujuan para pemuda gampoeng bisa kreatif dan berpeluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Disebutkan, mereka memanfaatkan saluran pembuang air bukan saja membudidayakan ikan lele dumbo tetapi ada juga ikan gabus, nila, gabus, lele lokal dan ikan mujair.
“ Kami memanfaatkan saluran pembuang sepanjang 800 meter dengan lebar 2 meter untuk membudiyakan ikan air tawar. Dan kemarin panen ikan lele dumbo kisaran 250 kilogram setelah dua bulan dipelihara.” Ungkap Yusrizal Pemuda Blang Cot Baroeh yang telah memotivasi pemuda lainnya untuk membudidayakan ikan air tawar dengan memanfaatkan saluran pembuang.
Sementara itu Wakil Ketua Pemuda Blang Cot Baroh, Munawar, yang ikut membudidayakan ikan air tawar di desanya itu mengatakan, hingga saat ini di saluran air itu terdapat sekitar 1000 lebih bibit ikan yang dibudidayakan para pemuda secara sukarela.
Disebutkan, Lele dumbo yang mereka panen malam lemarin itu bibitnya adalah  bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Bireuen beberapa bulan lalu.
Di sisi lain tambah Munawar, mereka melakukan budidaya ikan air tawar dengan membagi lokasi saluran dan memagari bagian-bagian dengan keramba jaring khusus, sehingga ikan dan juga keramba terjaga dari sampah.
“ Kami mengharapkan apa yang telah kami upayakan dapat memberi nilai postif. Dengan memanfaatkan saluran pembanguan air meskipun masih belum tembus secara menyeluruh,kami bisa menambah perndapatan.” Ungkap Munawar haru. (SUHERMAN AMIN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *